Didik, ASN Terbaik versi KemenPAN RB Nonjob di Banggai?

oleh -2.794 views

SANGALU, Luwuk – Mendapatkan penghargaan sebagai ASN terbaik versi Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) se Indonesia ternyata tak menjamin akan menduduki jabatan penting dalam suatu birokrasi di daerah.

Sebut saja, Muhammad Didik Ismu Prihan Deni, yang sebelumnya mendapatkan penghargaan The Future Leader ASN 2019 dari KemenPAN RB dari inovasi yang dijalankannya saat menjabat sebagai Lurah Tombang Permai ternyata tak membuatnya berarti di mata pengambil kebijakan.

ASN TERBAIK: Muh Didik Ismu Prihan Deni saat menerima penghargaan sebagai ASN Terbaik 2019 dari Menpan RB. [SANGALU/Ist]
Pria yang akrab disapa Didik Djibran ini tak terakomodir dalam struktur jabatan baru yang dilantik Bupati Banggai, Herwin Yatim pada Selasa, 7 Januari 2020. Pada kegiatan dengan agenda rotasi dan pelantikan yang dilaksanakan di ruang rapat umum Kantor Bupati Banggai itu tak terdengar nama Muh. Didik Ismu Prihan Deni disebut.

“Saya dengar tidak ada nama saya disebut. Tapi sebagai seorang ASN, saya siap menerima konsekuensi sebagai abdi masyarakat dan abdi negara. Intinya, saya sebagai Ketua KNPI Banggai tak akan mundur sejengkal pun,” tegas Didik, usai kegiatan pelantikan.

Baca juga:  Obama-Heppy Ajak Semua Paslon Bantu Pemerintah Hadapi Corona

Sejumlah pihak pun bereaksi atas struktur pejabat baru yang dilantik Bupati Banggai Banggai Herwin Yatim ini. Sebab, dalam beberapa kesempatan bupati selalu menegaskan bahwa prestasi pemerintah daerah akan selalu berdampak baik pada daerah. Faktanya, seorang ASN yang notabene mendapatkan penghargaan dari KemenPAN-RB atas inovasinya, tak terakomodir.

Belum ada keterangan tertulis resmi dari pihak Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Banggai terkait tidak ada nama Didik dalam struktur pejabat yang dibacakan saat pelantikan. Meski begitu, saat kejadian menuai respon negatif dari masyarakat khususnya netizen facebook, sejumlah kalangan mulai melakukan klarifikasi. Menurut mereka, nama Didik masuk dalam struktur pejabat yang dilantik.

“Kasubag Trantimlimas Setda Banggai, jangan asal status Ronal Dahlan,” ciut Verawati Sangkota dalam status facebook Syaiful Alkap terkait tidak terakomodirnya ASN terbaik itu.

Lalu, pada ciutan yang lain akun bernama Dadank Sukadi menyebut bahwa Didik dilantik sebagai Kasubag Evaluasi Pelaporan Kerjasama Bagian Kerjasama Setda Banggai. Melihat reaksi masyarakat yang kian meluas, Kepala BKPSDM Kabupaten Banggai, Sofyan Datu Adam seperti dilansir transsulawesicom menampik jika Didik Djibran yang sebelumnya menjabat Lurah Tombang Permai disebut Nonjob.

Baca juga:  Tiga Warga Toili Hanyut, Satu Ditemukan Meninggal Dunia

Sofyan meminta agar perihal isu non-job Didik Djibran perlu diluruskan agar tidak terjadi informasi simpang siur yang merugikan masyarakat dan khususnya di roda pemerintahan Kabupaten Banggai.

Sofyan mengatakan bahwa Didik saat ini mendapatkan jabatan baru di bidang kerjasama Kabupaten Banggai. “Didik Jibran dilantik sebagai salah satu kasubag di bidang kerjasama Pemerintahan Kabupaten Banggai,” ujarnya.

Sofyan juga memastikan bahwa tidak ada permainan politik terhadap pelantikan kali ini. Nama-namanya yang tertera saat pelnatikan merupakan daftar nama yang telah disiapkan.

Baca juga:  Tandalo Hills Makin Indah, Ada Lapangan Futsal dari APBD

“Daftar pelantikan sudah ada sebelum saat pelantikan,” ungkapnya.

Kepala BKPSDM juga mengaku sempat keluar barisan saat pelantikan untuk memastikan tidak ada yang keliru atau terlewatkan saat pembacaan keputusan pelantikan ASN di lingkungan Pemda Banggai.

“Saya sempat keluar untuk memastikan jangan sampai keliru atau ada yang talewat saat pembacaan,” tambahnya.

Didik (kanan) saat mengabadikan momen bersama Bupati Banggai Herwin Yatim beberapa waktu lalu. [SANGALU/Ist]

ASN Pindahan Baru

Di sisi lain, beredar kabar salah seorang ASN yang belum lama pindah dari Kabupaten Banggai Laut berinisial AM, ternyata terakomodir dalam struktur pejabat yang dilantik pagi tadi. Saat dibacakan menjabat Sekretaris Lurah, sejumlah ASN yang hadir sempat tercengang.

“Darimana dia ini e. Macam saya tidak pernah lihat,” ungkap seorang ASN.

“Iya, ini bukannya baru pindah dari Balut. Tapi so dilantik e,” sambung ASN lainnya.*

 

(van)