Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Basarnas Palu Tes Urine 59 Personil

oleh -140 views
Seorang pegawai Basarnas Palu saat menyerahkan urinenya kepada petugas BNN Palu, untuk dilakukan pengecekan narkoba, Jumat (31/1/2020). [SANGALU/ Basarnas Palu]

SANGALU, Palu – Untuk memastikan lingkungan kantor bersih dari narkoba, Basarnas Palu menggandeng BNN Kota Palu untuk melakukan tes urine kepada semua pegawainya, Senin (27/1) bertempat di ruangan rapat Kantor Basarnas Palu.

Tercacat 59 orang personil Kantor Basarnas Palu yang hadir mengikuti tes urine dan hanya sebagian kecil belum melakukan tes dikarenakan sedang berdinas di luar kota. Dari hasil pemeriksaan yang baru keluar pada Jumat (31/1) semua pegawai yg menjalani tes dinyatakan negatif narkoba.

“Alhamdulillah setelah dilakukan tes kepada hampir semua pegawai PNS maupun pegawai non PNS di lingkungan Basarnas Palu, telah dipastikan bahwa dari hasil tes urine secara keseluruhan bersih dari narkoba,” ungkap Basrano, usai kegiatan.

Baca juga:  52 Orang Ikut Pelatihan Potensi SAR 'Water Rescue' di Parimo

Basrano menjelaskan bahwa tes tersebut direncanakan tanpa sepengetahuan seluruh pegawainya. Menurutnya, sebagian pegawai mengaku terkejut dengan kehadiran BNN, namun pemeriksaan tetap dilaksanakan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan Basarnas Palu.

“Basarnas merupakan pekerjaan yang memerlukan fisik yang fit sehingga dalam melaksanakan operasi SAR,” ungkapnya.

Dengan adanya hasil negatif itu, Basrano memastikan bahwa seluruh anggotanya bisa melaksanakan tugas dengan baik tanpa gangguan dari obat-obatab terlarang.

“Kalau terbukti ada yang bermasalah dengan obat-obat terlarang maka akan dijatuhi sanksi,” tegasnya.

Terlebih, kata Basrano, di era sekarang narkoba semakin merajalela. Oleh karena itu ASN yang sejatinya merupakan pelayan masyarakat harus menjauhi barang haram (narkoba) sebagai contoh yang baik kepada keluarga maupun lingkungan sekitar.*

Baca juga:  Gara-gara 'Cap Tikus', Tiga Pemuda Dihukum Push Up

 

(van)