Rumah Wanita 70 Tahun di Tontouan Ludes Terbakar

oleh -1.601 views
PADAMKAN API: Petugas pemadam kebakaran dibantu warga saat memadamkan api di Desa Tontouan, Kecamatan Luwuk, Jumat (27/12/2019) pagi. [SANGALU/ Damkar]

SANGALU, Luwuk – Kebakaran kembali terjadi di kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Jumat (27/12) pagi. Kali ini api berhasil menghanguskan satu rumah papan, milik Wamaha (70), warga Desa Tontouan, Kecamatan Luwuk.

Petugas pemadam kebakaran yang mendapatkan laporan masyarakat sekira pukul 09.30 dan tiba di lokasi pada pukul 09.42 Wita berhasil mengendalikan api hingga tidak menyebar luas. Api berhasil dipadamkan petugas damkar pada pukul 10.30 Wita.

Kepala Seksi Pencegahan dan Peningkatan SDM Damkar, Rudi Sangadji mengemukakan pada proses pemadaman api petugas pemadam kebakaran dibantu masyarakat bersama TNI dan Polri. Setidaknya, 4 unit mobil pemadam dengan 28 personil diturunkan.

Baca juga:  Imbas Corona, Puluhan Karyawan Hotel di Banggai Terpaksa Dirumahkan

“Proses pemadaman cepat dilakukan karena adanya sinergitas petugas pemadam kebakaran, kepolisian, TNI dan masyarakat di lokasi kejadian,” kata Rudi.

BERJIBAKU: Petugas pemadam kebakaran memastikan bahwa api telah padam pada kebaran rumah warga di Desa Tontouan, Kecamatan Luwuk, Banggai, Jumat (27/12/2019). [SANGALU/ Damkar]
Selain satu rumah yang dinyatakan rata tanah dilalap si jago merah, api juga sempat merembet ke bagian dapur rumah warga setempat bernama Muslimu (62). Di bagian lain, sebuah tandon penampungan air milik kos-kosan setempat juga ikut terbakar.

 

Ia menjelaskan api cepat menjalar karena rumah yang mengalami kebakaran terbuat dari papan. Hal itu membuat api cepat membesar dan sempat merembet ke rumah lainnya. Beruntung, kesigapan masyarakat sekitar membantu proses pemadaman api sangat baik. Sehingga api dapat ditakhlukkan pada pukul 10.30 Wita.

Rudi berpesan, jika suatu saat terjadi kebakaran agar masyarakat yang mengetahui secepatnya menghungi petugas pemadam kebakaran. Dengan begitu, petugas bisa segera meluncur ke lokasi dan memadamkan api.

Baca juga:  Kebakaran di Pelabuhan Ferry ASDP, Api Diduga Bermula dari Kapal Basarnas
SEDIH: Wahama (70), korban kebakaran Tontouan hanya bisa pasrah melihat rumahnya ludes terbakar, Jumat (27/12/2019). [SANGALU/ Damkar]

Temukan Uang Rp40 juta

Menariknya, di antara puing kebakaran, warga berhasil menyelamatkan dua dompet milik korban yang berisi ratusan lembar uang pecahan Rp100 ribu, dengan total Rp 40 juta.

Keterangan resmi Polres Banggai, api diduga berasal dari dapur, karena selama ini, nenek tersebut memasak menggunakan kayu bakar. Api kemudian dengan cepat menyebar, membakar ke bagian lain rumah. Sementara sang nenek berhasil keluar menyelamatkan diri.

Warga kemudian bergerak cepat memadamkan api, yang tak berapa lama tiba bantuan pemadam kebakaran. Api berhasil dipadamkan setengah jam kemudian.

Baca juga:  Festival ‘Pulo Dua’ Masuk Daftar 100 Agenda Pariwisata Nasional 2019

Saat membersihkan puing kebakaran itulah, dua dompet milik korban ditemukan. Berisi uang sekitar Rp 40 jutaan. Tak ada korban jiwa, taksiran kerugian material dari kebakaran ini, belum dapat dipastikan.*

 

(van)