Razia Lapas, Petugas Temukan HP, Sajam dan Bong Bekas

oleh -176 views
RAZIA LAPAS. Petugas Lapas Luwuk bersama TNI Polri, menggelar razia dalam Lapas Luwuk, minggu (15/12) malam. [SANGALU/Ist]

SANGALU, Luwuk – Lapas Luwuk Klas IIB menggelar razia pada warga binaannya, minggu (15/12) malam. Dibantu TNI Polri, hasil razia ditemukan sejumlah barang terlarang di kamar-kamar sel tahanan para warga binaan atau narapidana (napi). Barang berupa alat hisap sabu, handphone, tali, kabel, hingga pisau yang dibuat dari sendok, kemudian disita dan diamankan petugas Lapas.

Kepala Lapas Klas IIB Luwuk, Soetopo, menjelaskan bahwa razia ini dilakukan secara serentak se Indonesia, atas instruksi Irjen Lembaga Pemasyarakatan Kemenkum HAM RI. Tujuannya, mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diingankan terjadi menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Instruksi dari Irjen, semua mitra kerja seperti TNI Polri, kami libatkan dalam razia,” sebutnya semalam.

Baca juga:  Monitoring Penyaluran Ternak, Bupati Imbau Terapkan Protokol Kesehatan

Razia di Lapas Luwuk diterangkan Soetopo, dimulai sekitar pukul 19.30 wita hingga 22.00 wita. Tim gabungan petugas Lapas, TNI dan Polri, kemudian menyisir dan memeriksa semua kamar sel tahanan para warga binaan.

“Hasilnya kita temukan berbagai macam barang yang sifatnya terlarang dimiliki warga binaan,” tambah Soetopo.

Menyesalkan masih banyaknya barang-barang terlarang yang bisa masuk dalam Lapas, para pemilik yang merupakan warga binaan, akan diselidiki nantinya.

“Kita belum ketahui pasti siapa-siapa pemiliknya. Karena jika seperti ini, semuanya buang badan. Tapi kita akan selidiki,” tandas Soetopo.*

 

Baca juga:  SE 0266 Bawaslu, Posisikan HY di Jurang Diskualifikasi

(jy)

video: Razia Lapas Klas IIB Luwuk Banggai