Lurah Tombang Permai Sabet Dua Penghargaan KemenPAN – RB

oleh -592 views
ASN INSPIRATIF 2019: Muh. Didik Djibran saat mengabadikan momen usai menerima penghargaan dari Menteri PAN RB tahun 2019. [SANGALU/ Ist]

SANGALU, Luwuk – Seorang pemuda yang bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Banggai, berhasil meraih dua penghargaan bergengsi sekaligus di ajang Anugerah ASN 2019 ‘The Future Leader’. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI tahun 2019, diikuti oleh 1.051 ASN dan menghasilkan 477 karya.

ASN inspiratif itu adalah Muhammad Didik Djibran. Pemuda kelahiran Luwuk, 21 November 1992 ini berhasil meraih dua kategori sekaligus di ajang bergengsi Kementrian PAN RB, yakni Top Five The Future Leader dan ASN Terfavorit tahun 2019.

Penghargaan itu diraih berkat inovasi yang diterapkannya dalam dua tahun masa jabatan. Dua diantara inovasinya yaitu Top Kece dan Geber Maling. Menggunakan nama yang mudah diingat, inovasi tersebut pun dengan cepat menebarkan manfaat bagi masyarakat yang dipimpinnya.

Baca juga:  Legislator Bahas Tertutup RAPBD 2020, Ada Apa?

Top Kece merupakan akronim dari Tombang Permai Kelurahan Cerdas, konsep layanan publik online dengan 8 jenis pelayanan melalui situs ini memiliki keunggulan dalam hal kecepatan pelayanan, sehingga masyarakat tidak perlu bolak balik kantor kelurahan.

Sementara, Geber Maling adalah singkatan dari Gerakan Bersama Selamatkan Lingkungan. Menginisiasi gerakan bersih, Didik mengajak warga untuk membersihkan area pantai, menanam pohon setiap Jumat, dan membentuk bank sampah.

Melalui inovasinya, pemuda 27 tahun ini telah mendapatkan sejumlah penghargaan di tahun 2018. Diantara, Bank Sampah unit terbaik se Kabupaten Banggai, juara 3 lomba daur ulang sampah, dan Kantor Kelurahan terbaik se Kabupaten Banggai.

Baca juga:  Bupati Minta OPD Maksimalkan Pelayanan Publik Berbasis Digital

Kedua penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo kepada Didik Djibran pada Malam Anugerah ASN di Jakarta. Ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi para ASN, apalagi badi Didik. Pasalnya, saat menerima undangan malam Anugerah ASN 2019, Didik baru saja merapakan peringatan hari lahirnya. Sehingga dua penghargaan tersebut menjadi kado terindah.*

 

(van)