GAM Tunjukkan Konsistensi Jaga Kebersihan Lingkungan

oleh -109 views
TANAM POHON: Ketua DPRD Banggai, Suprapto ikut menanam pohon dalam aksi bersih-bersih program Sapa Kasih dari GAM Luwuk, Sabtu (21/12/2019). [SANGALU/ GAM Luwuk]

SANGALU, Luwuk – Gabungan Aktivis Manthailobo (GAM) Kabupaten Banggai terus menunjukkan kinerja positifnya meski tanpa anggaran pemerintah. Lembaga swadaya masyarakat besutan Idhin Massa ini intens melaksanakan program bersih-bersih dan penanaman pohon setiap akhir pekan. Seperti terlihat Sabtu, (21/12) pagi di Pasar Simpong.

Melalui program Sapa Kasih (Sabtu Pagi Kota Bersih), kegiatan bersih-bersih dan penghijauan dilaksanakan bergilir di sejumlah tempat dalam kota Luwuk. Pekan lalu, kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Kelurahan Bungin.

“Kami sudah melakukan ini sejak tahun 2014 dengan cara swadaya. Dan kami akan terus berbuat untuk daerah ini meski hanya dari bersih-bersih sampah,” kata Idhin, usai kegiatan di Kelurahan Simpong.

Baca juga:  DKPP akan Periksa Enam Penyelenggara Pemilu Sulteng

Idhin mengaku bersyukur karena aksi bersih-bersih yang mereka canangkan terus mendapat dukungan dari sejumlah pihak. Bahkan beberapa diantaranya aktif berpartisipasi setiap pelaksanaan kegiatan.

“Rutinitas kami membersihkan Teluk Lalong. Itu setiap hari. Kapan kita lihat ada sampah, maka kita turun. Tapi Sapa Kasih kami rutinkan setiap minggu,” paparnya.

SAPA KASIH: Anggota Polres Banggai ikut berpartisipasi dalam program Sabtu Pagi Kota Bersih (Sapa Kasih) di Pasar Simpong, Sabtu (21/12/2019). [SANGALU/ GAM Luwuk]
Pada kegiatan bersih-bersih di Pasar Simpong pagi tadi, Idhin mengungkapkan turut dihadiri oleh perwakilan Polres Banggai, Kejaksaan Negeri Banggai, Kodim 1308 LB, Ketua DPRD Banggai, Pos AL, Dinas Perkimtan, Pol PP, Kecamatan Luwuk Selatan, Lurah Simpong, Lurah Karaton, Lurah Kampung Baru, TKBM Luwuk, Teman Sehati, PMII dan FKM Untika.

Baca juga:  Seekor Buaya Mengejutkan Warga di Teluk Lalong

“Terima kasih kepada semua pihak yang terus berpartisipasi dan mendukung program ini. Semoga kedepan bisa terus aktif dan kota bersih bisa kita wujudkan,” imbuhnya.

Idhin juga berharap partisipasi masyarakat untuk menjaga kebersihan, minimal di lingkungan masing-masing. Dengan begitu, harapan akan peraihan kota bersih melalui penghargaan Adipura bisa diraih untuk ketiga kalinya dalam tiga tahun belakangan.*

 

(van)