Angkut 112 Penumpang, KM Eklesia Tujuan Balut Mogok

oleh -1.186 views
DITARIK: Kapal penumpang KM Eklesia saat ditarik KM Sabuk Nusantara 59 dari Tanjung Pamali menuju Pelabuhan Banggai Laut, Minggu (29/12/2019) sekira pukul 06.00 Wita. [SANGALU/ Adon]

SANGALU, Banggai – Bukan kali pertama. Kapal penumpang rute Luwuk – Banggai mengalami kendala. Kali ini, Minggu (29/12) pagi sekira pukul 06.00 Wita, KM Eklesia mengalami kendala dalam pelayarannya. Beruntung ada kapal tol laut, KM Sabuk Nusantara 59 yang memberikan pertolongan.

Melalui siaran langsung akun facebook bernama Adon Cell, disebutkan KM Sabuk Nusantara 59 berangkat dari Gorontalo menuju Banggai Laut. Tepat di depan wilayah Lokotoi, Kabupaten Banggai Laut ada tanda permintaan bantuan dari KM Eklesia. Saat didekati, ternyata kapal penumpang itu mengalami mogok mesin dan telah kemasukan air. Seluruh penumpangnya pun terlihat telah memakai jaket keselamatan (life jacket).

Di tengah gelombang laut yang cukup kencang, KM Sabuk Nusantara 59 (tol laut) akhirnya memasang tali dan menarik kapal bermuatan sekira 112 penumpang itu, menuju Pelabuhan Banggai Laut. Beberapa speedboat yang beroperasi di wilayah Banggai Laut juga terlihat ikut mengawal perjalanan hingga masuk ke teluk.

Baca juga:  Panitia CPNS Balut Diapresiasi, Peserta Ujian CAT Mengaku Nyaman dan Aman

Air yang terus mengisi buritan kapal membuat sejumlah penumpang panik. Bahkan, dalam video juga terlihat ada penumpang yang nekad melompat turun dari kapal dan naik ke speedboat yang mengawal.

PENGAWALAN: Sebuah speedboat milik KUPP Banggai saat mengawal proses evakuasi KM Eklesia di Banggai Laut, Minggu (29/12/2019). [SANGALU/ Adon]
Terpisah, Amat, pemuda dari Desa Lokotoi, Kecamatan Banggai Utara, Kabupaten Banggai Laut, turut menggerakan speedboat karena di kapal itu terdapat warga dari desanya.

“Penumpang tidak bisa pindah ke speed, karena gelombang. Alkonnya bunyi, tapi air masuk terus,” kata Amat yang sempat coba menjemput kerabatnya di tengah laut.

Petugas Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Banggai juga dengan cepat menuju KM Eklesia menggunakan speedboat disusul satu unit kapal penumpang yang melayani rute Pelabuhan Banggai-Bokan Kepulauan.

“Istri dan anak saya di kapal satu. Begitu bangun pagi langsung pindahkan mereka,” kata Iksan, salah satu penumpang saat kapal berlabuh.

Baca juga:  Wabup Mustar Ingatkan Anggota Hipmi Jangan Bermental Kontraktor

Tiba di Pelabuhan Banggai, penjemput penumpang melempar sumpah serapah kepada kapal berkonstruksi kayu itu. Selain nyawa keluarga menjadi taruhan, mereka harus menunggu berjam-jam dari jadwal normal.

Sekitar pukul 08.20, KM Eklesia baru tiba di Pelabuhan Banggai, karena ditarik secara perlahan oleh KM Sabuk Nusantara 59. Terlihat, Bupati Wenny Bukamo tampak ikut memantau proses evakuasi di pelabuhan.

Selain mengangkut 112 penumpang, kapal tua yang berlayar di bawah bendera PT Tompotika Timur Raya itu, juga mengangkut berbagai macam kebutuhan sebanyak 30 ton. Dengan kejadian itu, hingga pukul 14.00 kemarin kapal terlihat masih berlabuh di Pelabuhan Banggai. Karena belum diizinkan berlayar kembali menuju Pelabuhan Luwuk.

Baca juga:  Warga Buko Sambut Idul Adha di Tengah Banjir

BERSIAP: Crew KM Sabuk Nusantara 59 saat mendengarkan arahan kapten kapal terkait pemberian pertolongan ke KM Eklesia, Minggu (29/12/2019). [SANGALU/ Adon]

Sering Mogok?

KM Eklesia sejatinya adalah kapal kayu yang selama ini melayani rute Luwuk – Banggai Laut. Sayangnya, dari informasi yang beredar kapal berbobot 272 grosston ini disebut kerap mengalami kendala dalam pelayarannya.

Terhitung, kasus mogok dipelaran ini bukan pertama kalinya. Walaupun demikian, kapal penumpang ini masih dianggap layak berlayar oleh otoritas pelayaran dari Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Luwuk.

Belum ada keterangan resmi dari pihak KUPP Luwuk maupun Banggai Laut terkait kejadian ini. Hanya saja, kasus kapal mogok sejatinya mesti disikapi otoritas pelayaran untuk meminimalisir kecelakaan pelayaran. Terlebih di momen akhir tahun yang kerap meningkatkan jumlah penumpang kapal.*

(van)

 

Video: KM Eklesia Ditarik KM Sabuk Nusantara