Tiga Rumah Ludes dan Tiga Ikut Terdampak Kebakaran di Soho

oleh -82 views
LUDES TERBAKAR: Sebanyak tiga rumah ludes terbakar di Kelurahan Soho, Selasa (26/11) malam. Sementara dua rumah lainnya ikut terdampak, termasuk salah satu Toko Rudi Jaya. [SANGALU/ Ist]

SANGALU, Luwuk – Suasana hening dan remang karena adanya pemadaman listrik bergilir di Kelurahan Soho tiba-tiba berubah ramai. Teriakan warga dan sirene kendaraan memecah keheningan malam. Kebakaran menimpa rumah warga di kawasan pemukiman padat penduduk, Selasa (26/11/2019) sekira pukul 19.00 Wita.

Warga setempat berlarian bahu-membahu mencari air dengan alat seadanya, lalu berupaya memadamkan api. Proses pemadaman itu mengalami kesulitan karena api terus membesar saat melahap bahan bangunan papan dan kayu kering. Petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi kejadian langsung bergegas. Namun api sudah terlanjur membesar.

Cuaca panas yang seharian menaungi Kota Luwuk membuat berbagai perlengkapan rumah mudah dilalap si jago merah. Api terus membesar dan merembet ke rumah lainnya. Bahkan, bara api yang diterbangkan angin dan jatuh di lantai dua ruko Rudi Jaya ikut menyebabkan kebakaran.

Baca juga:  Bupati Minta OPD Maksimalkan Pelayanan Publik Berbasis Digital

Petugas pemadam kebakaran sempat kelimpungan menangangi pemadaman api. Pasalnya, api di kompleks perumahan warga belum sepenuhnya padam, tapi kebakaran baru sudah terjadi di ruko yang berada sekira 500 meter dari titik api awal. Meski begitu, bantuan warga sekitar membuat petugas pemadam kebakaran berhasil menjinakkan api.

Sayang, sebanyak tiga rumah warga tak terselamatkan atau ludes terbakar. Sementara tiga rumah lainnya ikut terdampak kebakaran. Ketiga rumah yang ludes terbakar antara lain; rumah milik Ati Ruitan, rumah milik Hj. Salbiah Agama, dan rumah milik Norma Pauh. Kemudian yang terdampak kebakaran ialah rumah milik Uli Pamolango, Mess PT. Kurnia Luwuk Sejati dan Toko Rudi Jaya.

Baca juga:  Maleo Centre DSLNG Ciptakan Sejarah, Berhasil Tetaskan Telur F1

“Total tiga rumah ludes terbakar. Tiga lainnya juga ikut terdampak,” kata Rudi Sangadji, salah satu Kasi Dinas Pol PP dan Damkar usai turun langsung membantu anggotanya di lokasi kejadian.

Hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab kebakaran. Hanya saja dari keterangan sejumlah warga, kebakaran disebabkan oleh lampu botol. Demikian halnya dengan kerugian materil akibat kebakaran tersebut.*

 

(van)