Polda Sulteng Naik Kelas dari B ke Tipe A

oleh -127 views
NOSTALGIA: Kapolri Jenderal Idham Azis saat bersalaman dengan Gubernur Sulawesi Tengah H. Longki Djanggola, Jumat (15/11). [Foto: SANGALU/ Humpro Sulteng]

SANGALU, Palu – Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) yang sebelumnya berstatus tipe B, kini resmi dinaikkan menjadi Polda tipe A. Kenaikan status tersebut ditandai dengan penyerahan pataka Polda Sulteng Wiradharma Brata serta penandatanganan prasasti oleh Kapolri Jendral Polisi Drs. Idham Asiz, M.Si dengan pengukuhan Kapolda Sulawesi Tengah, Brigjen. Pol. Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si sebagai Kapolda Sulteng Tipologi A, Jumat (15/11) bertempat di Halaman Polda Sulteng.

Kenaikan dari tipe B ke tipe A tersebut berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor: Kep/1965/X/2019 tanggal 14 Oktober 2019 tentang Perubahan Tipe Polda Sulawesi Tengah dari Polda Tipe B menjadi Polda Tipe A.

Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis dalam pengarahannya selaku Inspektur upacara menyatakan kita patut berbangga hati atas kenaikan tipologi dimaksud.

Lebih lanjut, kata kapolri, sejarah telah mencatat bahwa banyak mantan Kapolda dan pejabat asal Sulawesi Tengah yang berhasil di tingkat pusat, termasuk dirinya sendiri selaku Kapolda Sulawesi Tengah yang ke-14 ketika menjabat pada tahun 2014 hingga 2016.

Baca juga:  13 Orang Ditahan karena Langgar PSBB di Buol

“Dengan naiknya Tipologi Polda Sulteng dari tipe B ke tipe A maka kita sekalian harus tambah semangat dan saya pesankan kepada seluruh anggota Polda Sulteng untuk tidak kemana-mana akan tetapi ada dimana-mana atau dengan kata lain kita tidak berpihak dan netral dalam menyambut Pilkada 2020 mendatang,” tegasnya

Senada, Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen. Pol. Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si. mengatakan seiring perubahan tipe tersebut, susunan organisasi dan tata kerja Polda akan mengalami penyesuaian dengan tetap berpedoman pada Peraturan Kapolri Nomor 14 Tahun 2018 seperti penyusunan perencanaan penyesuaian anggaran, sarana prasarana dan penambahan kekuatan personel yang dilakukan secara bertahap.

Peningkatan tipe dimaksud lanjut Kapolda erat kaitannya dengan peningkatan beban kerja, penguatan organisasi dan peningkatan dukungan Sumber Daya Manusia Polri.

“Alhamdulillah kita bersyukur dengan kenaikan tipe Polda Sulteng menjadi tipe A, hal ini menunjukkan Polda Sulteng dan jajaran telah meningkatkan kualitas pelayanan,” sebutnya.

Baca juga:  Danramil Bunta Buka Blokade Jalan Tambang PT ANI

Sementara itu Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si dalam sambutannya terlebih dahulu mengucapkan selamat datang kepada Bapak Kapolri beserta rombongan di bumi Tadulako Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah.

Gubernur atas nama pemerintah daerah dan mewakili masyarakat Sulawesi Tengah juga mengucapkan selamat atas pelantikan bapak Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si sebagai Kepala kepolisian Negara republik Indonesia yang pernah bertugas sebagai Kapolda Sulawesi Tengah pada tahun 2014 hingga 2016.

Pada kesempatan itu pula Gubernur menyatakan pihak pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah merasa bersyukur dengan kenaikan tipe Polda Sulteng dari tipe B menjadi tipe A yang menunjukkan bahwa Polda Sulteng dan jajaran telah meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanannya selama ini.

Baca juga:  Hari ini, Akses Masuk ke Luwuk via Pelabuhan Ditutup

Dengan naiknya tipologi Polda Sulteng tentu saja tanggung jawabnya akan semakin besar, untuk itu diharapkan dapat menambah semangat dalam mengemban tugasnya dan meningkatkan kinerja serta kualitas pelayanan terhadap masyarakat khususnya di bidang keamanan dan ketertiban.

Gubernur juga memuji Kapolri dalam statemennya yang sangat menyejukkan dalam pertemuan Presiden dan Gubernur se-indonesia beberapa hari yang lalu

Usai pelaksanaan upacara pengukuhan kenaikan tipologi Polda Sulteng dilanjutkan dengan acara ramah tamah dengan menampilkan sejumlah atraksi yakni Maramis oleh TNI-Polri serta penampilan Tarian Tobelo dan Dero.

Kapolri Jenderal Idham Azis, Gubernur Sulawesi Tengah H. Longki Djanggola, Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Lukman Wahyu Hariyanto serta unsur Forkopimda lainnya nampak turut serta dalam kegiatan dero yang berlangsung di Halaman Polda Sulteng.*

 

Penulis:
Biro Humas dan Protokol
Pemprov Sulawesi Tengah