Legislator Bahas Tertutup RAPBD 2020, Ada Apa?

oleh -31 views
TERTUTUP: Pembahasan RAPBD Banggai tahun 2020 dilaksanakan secara tertutup di ruangan Ketua DPRD Banggai, Suprapto, Selasa (25/11/2019). [SANGALU/Gafar Tokalang]

SANGALU, Luwuk – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banggai menjadwalkan pembahasan RAPBD 2020 siang ini, Selasa (26/11). Namun pembahasan itu dilakukan dengan cara yang tak lazim, dimana para legislator menutup akses pembahasan untuk publik.

Dalam undangan yang tersebar kemarin dan ditanda tangani Ketua DPRD Kabupaten Banggai, Suprapto, pertemuan antara Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemda Banggai akan dilaksanakan di ruang tamu Ketua DPRD. Tidak seperti tahun tahun sebelumnya, yang dilaksanakan di ruang sidang Kantor DPRD.

Pantauan media ini, yang sudah berada di ruang tamu tersebut antara lain; Badan Anggaran DPRD, dan Sekkab Banggai, Abdullah Ali. Pertemuan tersebut berlangsung tertutup untuk publik.

Baca juga:  Survei LSI, 43 Persen Rakyat Banggai Belum Pernah Terima Bansos COVID-19

Belum ada keterangan resmi dari DPRD Banggai soal model pembahasan RAPBD yang lain dari biasanya itu. Namun informasi yang berhasil diendus media ini disebutkan, meski rapat sudah dilaksanakan, namun dokumen RAPBD 2020 belum masuk ke dewan.

“Dokumennya masih sementara di jilid. Siang ini akan diantarkan ke dewan,” kata sumber.

Pembahasan RAPBD di penghujung waktu dan dilaksanakan secara tertutup tersebut, mendapat sorotan dari berbagai kalangan, khususnya awak media yang melihat tidak adanya komitmen untuk transparansi dalam pengelolaan anggaran daerah.*

Baca juga:  Honor Tenaga Medis Belum Dibayarkan, DPRD Bakal Gelar Hearing

 

(gt)