HMI Cabang Luwuk Minta KPU dan Bawaslu Prioritaskan Pemuda

oleh -115 views
Ketua HMI Cabang Luwuk Banggai periode 2019 - 2020, Abdul Hakim Zamaun. [Foto: SANGALU/ Saiful Basir]

SANGALU, Luwuk – Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Luwuk Banggai yang dipimpin Abdul Hakim Zamaun meminta Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Banggai agar lebih memprioritaskan keterlibatan pemuda.

Abdul Hakim Zamaun mengemukakan penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu harus berkaca dari pesta demokrasi pemilihan Presiden/Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif pada bulan April 2019 lalu.

Menurutnya, meski pelaksanaannya sempat tertunda akan tetapi hasilnya ternyata minim temuan kesalahan pada proses pelaksanaannya. Itu, kata Hakim, karena adanya peran pemuda dalam proses penyelenggaraan.

Baca juga:  Raih Rekomendasi PDIP, Herwin: Dalam Sehari Kami Diberi 2 Kebahagiaan

Abdul Hakim mengklaim kesuksesan itu, karena didukung sumber daya manusia yang ada dalam struktur KPU dan Bawaslu dari kaum muda, sehingga mekanisme yang dijalankan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kabupaten Banggai.

Namun, hal itu lebih efektif apabila di tingkat kecamatan juga diisi oleh kaum muda, yang memiliki skill dan soft-skill yang tidak kala dengan Panitia Pengawas tingkat Kecamatan sebelumnya, yang hampir semua terisi oleh kaum tua.

Abdul Hakim mengungkapkan dalam pesta demokrasi, pemuda mampu tampil dan terlibat langsung dalam penyelenggaraan pemilihan umum sebagai bentuk kepedulian terhadap jalannya roda demokrasi yang diterapkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga:  Pasien Dirawat di Ruang Isolasi COVID-19, dr Anang: hanya Pinjam Ruangan

Hal inilah yang kemudian mendorong HMI cabang Luwuk Banggai periode 2019-2020 mengharapkan kepada KPU dan Bawaslu Banggai mampu melihat kemampuan pemuda, serta 30 persen keterwakilan perempuan dalam penyelenggaraan pemilu tahun depan. Sebab itu merupakan amanat Undang-undang Pemilu tahun 2017.*

 

(if)