Tingkatkan Kapasitas, Pemdes Kota Raya Hadirkan Tenaga Ahli P3MD

oleh -98 views
PENINGKATAN KAPASITAS: Pemdes dan BPD Kota Raya, Kecamatan Lamala saat mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas, Sabtu (5/10/2019). [Foto: SANGALU/ PLD Lamala]

SANGALU, Lamala – Pemerintah Desa (Pemdes) Kota Raya melaksanakan peningkatan kapasitas bagi seluruh aparat desanya dengan mengundang Tenaga Ahli P3MD Banggai, Sabtu (5/10/2019). Kegiatan tersebut dimaksudkan agar penggunaan Dana Desa lebih terarah pada program prioritas usulan masyarakat tahun 2020.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh aparat desa, BPD dan Pendamping Desa tersebut, Tenaga Ahli P3MD Banggai, Ansar menekankan agar aparat desa dalam menjalankan tugas lebih memahami tupoksi masing-masing. Demikian pula BPD sebagai mitra kepala desa agar mampu melaksanakan tugas pengawasan pembangunan di desa. Utamanya dalam mensukseskan program pembangunan prioritas desa tahun 2020.

“Kami berharap kedepannya kinerja Pemdes dan BPD lebih dioptimalkan lagi. Utamakan musyawarah dalam pengambilan keputusan program prioritas pembangunan desa,” kata Ansar.

Baca juga:  Lagi, Pasien Positif Corona Sembuh di Banggai

Selain itu, Ia juga menekankan agar pemdes dan BPD juga dapat bersinergi untuk melihat potensi desa. Dengan memetakan potensi desa dan dikelola dengan baik, maka diyakininya dapat menambah pendapatan asli desa (PAD).

Sebagai contoh, jika ada aset wisata seperti kawasan mangrove, pantai dan pesona alam lainnya yang dikelola sebagai objek wisata. Dengan begitu, akan ada penghasilan dari retribusi masuk sebagai PAD.

Selain Ansar dari Tenaga Ahli P3MD, juga hadir sebagai pemateri perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Banggai, Adri dan Trasno.

Baca juga:  Satu Pasien di Ruang Isolasi RSUD Luwuk dalam Kondisi Baik

Keduanya juga menjabarkan hal yang sama. Kemudian menyampaikan berbagai regulasi yang berkaitan dengan desa, terutama dalam penggunaan dana desa dan kewenangan desa.*

Penulis: PLD Lamala