Tiga Pimpinan DPRD Banggai Diambil Sumpah

oleh -708 views
SUMPAH JABATAN: Ketua PN Luwuk, Achmad Suheil Nadjil SH, MH saat melaksanakan pengambilan sumpah jabatan pimpinan DPRD Banggai, Senin (7/10/2019). [Foto: SANGALU/ Steven Pontoh]

SANGALU, Luwuk – Tiga pimpinan DPRD Banggai periode 2019-2024 resmi diambil sumpah jabatannya oleh Kepala Pengadilan Negeri Luwuk, Achmad Suheil Nadjil SH, MH, di ruang sidang paripurna, Senin (7/10/2019).

Ketiga pimpinan tersebut ialah Suprapto selaku Ketua DPRD, Batia Sisilia Hadjar sebagai Wakil Ketua I, dan Syamsulbahri Mang sebagai Wakil Ketua II. Usai diambil sumpahnya, ketiga pimpinan dewan langsung menempati kursi pimpinan bersama Bupati Banggai Herwin Yatim.

Dihadapan tamu undangan dan 32 legislator lainnya, Ketua DPRD Suprapto mengemukakan, setelah terlaksananya pelantikan pimpinan DPRD Banggai definitip maka tidak ada alasan lagi bagi para legislator untuk tidak melaksanakan tugasnya.

Baca juga:  Gunakan HP saat Berkendara, Siap-siap Ditilang

Terutama dalam menjalankan amanah rakyat sesuai trifungsi Lembaga Legislatif yakni; fungsi legislasi atau membuat undang-undang, kedua fungsi anggaran, dalam hal ini sebagai lembaga yang berhak menetapkan APBD. Serta fungsi pengawasan, dalam hal ini melakukan pengawasab terhadap pemerintahan dalam menjalankan undang-undang.

“Saya berharap dalam menjakankan tugas ke depan, kami tetap mendapatkan dukungan dari masyarakat,” terang Suprapto, saat memberikan sambutan.

Baca Juga: Alat Kelengkapan Dewan Terbentuk, Putu Gumi Pimpin BK

Sementara itu, Bupati Banggai Herwin Yatim saat membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola mengungkapkan harapan pemerintah agar pimpinan terpilih dapat melaksanakan tugas dengan baik. Serta mampu bersineri dengan eksekutif dalam mewujudkan pembangunan di daerah, sesuai tugas dan fungsinya berdasarkan amanat undang-undang.

Usai pengambilan sumpah jabatan, kegiatan para legislator akan berlanjut pada penentuan alat kelengkapan dewan. Pada kegiatan ini, rapat diperkirakan akan berlangsung hingga malam hari.*

Baca juga:  Bupati Banggai Kembali Pantau Penyaluran BLT di Bunta

 

Video: