Peringati HUT ke 73, Bea Cukai Pinasa Bersama GAM di Teluk Lalong

oleh -174 views
ABADIKAN MOMEN: Kepala Bea Cukai bersama staf saat mengabadikan momen dengan Ketua GAM, Idhin Massa usai melaksanakan aksi bersih-bersih lingkungan Teluk Lalong, Jumat (4/10/2019). [Foto: SANGALU/ Jimmy Alimun]

SANGALU, Luwuk – Memperingati Hari Ulang Tahun ke 73, Bea Cukai Luwuk melaksanakan aksi bersih-bersih lingkungan yang difokuskan ke Teluk Lalong, Jumat (4/10/2019).

Kepala Bea Cukai Luwuk, Sigit Santosa mengemukakan bahwa kegiatan bersih-bersih dilaksanakan bersama Pokja Pinasa dalam rangka perebutan piala Adipura. Pokja Pinasa sendiri terdiri dari Bea Cukai, LSM Gabungan Aktivis Manthailobo (GAM) Banggai, TNI AL, Basarnas dan Syahbandar serta beberapa instansi lainnya.

“Kegiatan ini kami laksanakan dalam rangka peringatan HUT ke 73. Kali ini kami turun di darat dan laut bersama GAM dan TNI AL,” ungkap Sigit.

Baca juga:  Monitoring dan Evaluasi Karang Taruna se Kabupaten Banggai

Ia berharap kegiatan bersih-bersih dapat terus dilaksanakan oleh Pokja Pinasa, utamanya GAM Luwuk yang memang dikenal sebagai aktivis peduli lingkungan. Sebagai instansi yang fokus pada tugas kepabean, Bea Cukai juga terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam rangka rutinitas kebersihan lingkungan.

“Kami terus mendukung program pemerintah dengan melaksanakan Pinasa (Pia Na Sampah, Ala – Lihat Sampah, Ambil) di lingkungan masing-masing. Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus berjalan,” paparnya.

PERSIAPAN: Staf Bea Cukai Luwuk bersama anggota GAM saat hendak turun melaksanakan pinasa laut di Teluk Lalong, Jumat (4/10/2019) pagi. [Foto: SANGALU/ Jimmy Alimun]
Ia juga mengungkapkan bahwa Bea Cukai telah mengikuti instruksi Kementerian Keuangan untuk tidak menggunakan botol atau gelas sekali pakai. Dengan begitu, pihaknya telah menghindari penumpukan sampah pelastik.

Baca juga:  Buaya Lalong Akhirnya Menampakkan Diri di Markas GAM

Selain Kepala Bea Cukai, Sigit Santosa, hadir pada kegiatan itu, Danang Tukiawan selaku Komandan Pos AL dengan seragam lengkap karena akan menghadiri upacara tabur bunga ke TMP untuk peringatan HUT TNI ke 74. Juga hadir Ketua Tim Pro Adipura, Alfian Djibran sekaligus Kadis Perkimtan Banggai.*

 

(van)