Aksi Ketua HMI Luwuk Rebut Palu Sidang, Curi Perhatian Nasional

oleh -5.221 views
REBUT PALU SIDANG: Ketua HMI Luwuk Banggai ketika merebut palu sidang dari tangan Ketua DPRD Banggai, Suprapto, Jumat (27/9/2019). [Foto: SultimNews]

SANGALU, Luwuk – Aksi perjuangan mahasiswa se-antero negeri menolak wacana kebijakan pemerintah, beberapa hari terakhir ini, banyak dihiasi momen bersejarah. Mulai dari yang memilukan, berdarah, membara, hingga momen-momen di luar nalar manusia.

Aksi penolakan itu juga digelorakan mahasiswa di kabupaten Banggai. Bergabung dalam satu kekuatan, mahasiswa berhasil menyegel kantor DPRD Banggai, untuk menyalurkan aspirasi penolakan mereka.

Dan satu momen sejarah tersendiri, diciptakan seorang ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Luwuk Banggai, Abd Rahman Lasading, atau akrab disapa Ramli Pilawean. Ikut memimpin aksi unjuk rasa gabungan mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan di kabupaten Banggai, aksi ketua HMI Luwuk Banggai curi perhatian nasional.

Baca juga:  Tebar Hewan Kurban BDI Baitussalam Senoro

Merebut palu sidang ketua DPRD Banggai, saat rapat dengar pendapat digelar. Aksi itu dilakukan Ramli Pilawean, ketika rapat dengar pendapat yang penuh sesak dalam ruang paripurna DPRD Banggai berlangsung, jumat (27/09) sore. Merebut palu sidang yang tengah dipegang ketua DPRD Banggai, Suprapto, ketika hendak menskorsing rapat.

Oleh mahasiswa, niat skorsing oleh DPRD Banggai melalui ketuanya, adalah upaya untuk melambatkan pemenuhan tuntutan mereka. Riuh menolak diskorsing, dengan langkah tegas Ramli maju ke depan. Merebut palu sidang.

Baca juga:  Upaya Pencarian Korban Hanyut di Toili Terus Dilakukan

Kelabakan palu sidang direbut ketua HMI cabang Luwuk Banggai, DPRD Banggai pun batal menskorsing jalannya rapat dengar pendapat. Sembari meminta kembali palu sidang dari Ramli Pilawean.

Aksi ketua HMI cabang Luwuk Banggai inipun menjadi sorotan publik. Bukan hanya masyarakat di kabupaten Banggai, bahkan hingga masyarakat Indonesia. Beberapa media nasional dan daerah lainnya, juga ikut menerbitkan pemberitaan terkait aksi ketua HMI Luwuk Banggai tersebut. Aksi mahasiswa, yang berani berdiri melawan, menolak untuk mati tertindas.*

 

Baca juga:  Bupati Ungkap Alasan Pemindahan Pasar Malam

(jy)