Kalapas Koordinasi BPBD dan Basarnas Terkait Mitigasi Bencana

oleh -135 views
Kalapas Luwuk, Sutopo Barutu saat diskusi dengan sejumlah Jurnalis Luwuk terkait program kerja Lapas Kelas IIB Luwuk, Sabtu (27/4/2019). [Foto: SANGALU/ Steven Pontoh]

SANGALU, Luwuk – Melihat posisi Kabupaten Banggai yang rawan bencana alam akhir-akhir ini, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Luwuk,  Sutopo Barutu telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banggai dan Badan SAR Nasional (Basarnas) Palu.

“Saya sudah koordinasi untuk bagaimana memberi pemahaman terkait mitigasi bencana kepada warga binaan,” terang Sutopo, Sabtu (27/4/2019).

Ia menjelaskan pengetahuan akan mitigasi bencana penting diberikan kepada warga binaan Lapas untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam, semisal gempa bumi. Dengan adanya pengetahuan itu, warga binaan diharapkan mampu mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk melindungi diri.

Baca juga:  Kendaraan Pengamanan Presiden RI Tiba di Luwuk

“Ini saya anggap penting karena kita bisa mengantisipasi agar warga binaan tidak panik ketika terjadi gempa,” paparnya.

Saat ini, kata Sutopo, pihaknya tinggal mengatur waktu yang tepat untuk dapat menghadirkan dua instansi yang berkaitan dengan kebencanaan tersebut. Menurutnya, hasil koordinasi dengan BPBD dan Basarnas sudah disetujui. Kedua instansi kebencanaan mengaku siap memberikan materi dan pelatihan kepada warga binaan Lapas Luwuk.*

 

(van)