Jaga Semangat Atlet, Pemerintah Sepakat ‘Gadai’ APBD

oleh -178 views
Klasemen sementara perolehan medali Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2019 per Jumat, (26/4/2019) sore. [Sumber: Istimewa]

SANGALU, Luwuk – Kisruh penggunaan anggaran Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Banggai akhirnya teratasi. Itu setelah komunikasi antara Bupati Banggai Herwin Yatim dan Ketua DPRD Banggai Syamsulbahri Mang menandatangani kesepakatan bersama.

Kedua pimpinan pemerintahan daerah ini menyepakati peminjaman anggaran dari pihak ketiga sebesar Rp500 juta untuk dapat menyuplai kekurangan anggaran yang tengah dihadapi KONI Banggai pada iven empat tahunan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tengah, di Kabupaten Parigi Moutong. Dengan tambahan anggaran itu, total suplai pemerintah ke KONI Banggai telah mencapai Rp2 miliar.

Pinjaman itu baru terlaksana setelah keduanya menyepakati menjaminkan APBD Banggai atas pinjaman tersebut dalam surat kesepakatan yang ditandatangani langsung oleh Bupati Banggai Herwin Yatim dan Ketua DPRD Syamsulbahri Mang yang juga Ketua Umum KONI Banggai.

Baca juga:  BPK Memberikan Opini WTP Atas LKPD Kabupaten Banggai 8 Kali Berturut-turut

Keduanya bersepakat melakukan pinjaman agar dapat terus menjaga semangat para atlet yang tengah berjuang dalam perebutan medali untuk mengharumkan nama daerah. Hal itu terpaksa dilakukan sebab anggaran KONI baru bisa dicairkan pada bulan Juli 2019 nanti.

Saat ini, kontingen Kabupaten Banggai telah berhasil menyabet 10 medali emas, 10 medali perak dan 11 medali perunggu. Banggai bertengger di posisi ke empat klasemen sementara perolehan medali Porprov Sulawesi Tengah tahun 2019.*

 

Baca juga:  Bupati Banggai Resmi Berhentikan Dua Anggota BPD Tuntung

(van)