Desak PSU, Gabungan Partai Sambangi Bawaslu Banggai

oleh -338 views
DESAK BAWASLU: Sejumlah pimpinan dan perwakilan partai politik saat menyambangi Bawaslu Banggai, Senin (22/4/2019). [Foto: SANGALU/ Steven Pontoh]

SANGALU, Luwuk – Sejumlah pimpinan partai politik mendesak Bawaslu Banggai agar merekomendasikan pemungutan suara ulang (PSU) pada wilayah yang mengalami pemilu susulan di daerah pemilihan (Dapil) I dan Dapil IV.

Ketua DPD Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Banggai, Sopyansah Yunan mengungkapkan begitu banyak dugaan pelanggaran yang terjadi di daerah ini pada pelaksanaan pemilu 2019. Bahkan, dalam pemungutan suara diduga ada kecurangan akibat dari keterlambatan dan kisruh pendistribusian logistik pemilu oleh KPU Banggai.

“Melihat potensi kecurangan itu maka kami minta dilakukan pemungutan suara ulang atau PSU,” tegas Sopyansah Yunan, Senin (22/4/2019) saat bertatap muka dengan komisioner Bawaslu Banggai.

Baca juga:  Kapolres Terjunkan 735 Personil Polisi Amankan Pemilu 2019

Senada dengan itu, Ketua DPD Partai Berkarya Banggai, Muttaqin Suling mengemukakan sejumlah hal yang janggal pada pelaksanaan pemilu susulan di Kabupaten Banggai. Terlebih, dalam pendistribusiannya hingga mendatangkan dua helikopter sekaligus.

“Nah sampai ada heli ini ada apa? Kan jadi janggal kelihatannya sebab ini pertama kali terjadi. Kami merasa ada yang tidak beres dalam pelaksanaan pemilu kali ini dan meminta Bawaslu agar segera bersikap,” kata Muttaqin.

Senada dengan itu, Sekretaris DPD Partai Gerindra Yulius Tipa juga memertanyakan sejumlah temuan Bawaslu Banggai yang sempat dibahas pada pertemuan sebelumnya dengan pimpinan parpol. Menurut Julius hal itu harus segera dituntaskan.

Baca juga:  Kesal Dipolitisasi, Bupati Herwin : Jika PLN setara Kadis, Saya Ganti

“Kami persilahkan dari Bawaslu Banggai memberikan keterangannya terkait kemajuan atau perkembangan penanganan kasus itu,” terang Julius.

Plt. Ketua Bawaslu Banggai, Bece Abd. Junaid didampingi Kordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Moh. Adamsyah Usman mengemukakan bahwa tiga temuan Bawaslu Banggai saat ini terus berproses. Terkait dugaan pelanggaran administrasi sudah ditangani, terkait dugaan pelanggaran etik KPU juga tengah dirampungkan untuk kemudian diajukan ke DKPP, sementara untuk temuan pidana juga telah dikoordinasikan dengan sentra Gakkumdu dalam hal ini Polri dan Kejaksaan.

Baca juga:  Sasar Kelompok Marjinal, Bawaslu Sosialisasi di Estrella Hotel

“Jadi semuanya sementara berproses. Kami juga minta dukungan agar dibantu untuk mencukupi bukti-bukti pelanggaran yang ada. Pada prinsipnya Bawaslu terus bekerja untuk merampungkan semua temuan itu,” tutupnya.*

 

 

(van)