Pengamanan Surat Suara, Kapolres Sarankan KPU Sewa Kontener

oleh -81 views
KAPOLRES BANGGAI AKBP Moch Sholeh SIk memberikan keterangan ke sejumlah awak media terkait kesiapan pengamanan Pemilu 2019, Kamis (21/3/2019) di Mapolres Banggai. [Foto: SANGALU/ Humas]

SANGALU, Luwuk – Untuk menghindari tanggapan miring dari masyarakat, Kapolres Banggai AKBP Moch Sholeh SIk mengaku enggan menampung kotak surat suara pada pelaksanaan Pemilu 2019. Ia mengungkapkan bakal menyampaikan langsung ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banggai agar menyewa kontener untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan kotak dan surat suara sebelum dan sesudah pencoblosan.

“Ya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan agar Polri tetap terlihat netral maka akan saya sarankan begitu. KPU sewa kontener saja nanti saya arahkan personil untuk pengamanannya,” terang Kapolres Sholeh, Kamis (21/3).

Mengenai Polres Banggai yang tidak ingin menerima tempat penyimpanan kotak dan surat suara, kata kapolres, merupakan inisiatif dan kebijakannya sendiri. Itu sengaja dilakukan karena Ia tidak ingin ada penilaian masyarakat bahwa terkesan Polri tidak netral dalam momentum pesta demokrasi kali ini.

Baca juga:  Barracuda Siap Menangkan Cudy-Ma'mun di Banggai

“Kita tidak inginkan ada penilaian masyarakat bahwa kita condong ke salah satu paslon atau memihak ke oknum tertentu sehingga kita serahkan ke KPU saja,” ungkapnya.

Untuk pengamanan kotak suara dan surat suara nantinya, Kapolres Sholeh mengemukakan akan menerjunkan sekira 30 personil ke KPU Banggai. Kebutuhan personil akan menyesuaikan dengan kondisi di lapangan, sebab selain Polri juga terdapat bantuan pengamanan dari TNI.*

 

(van)