Kapolres Terjunkan 735 Personil Polisi Amankan Pemilu 2019

oleh -152 views

SANGALU, Luwuk – Kapolres Banggai AKBP Moch Sholeh SIk memimpin langsung simulasi kampanye pemilihan umum (Pemilu) 2019 di Halaman Mapolres Banggai, Kamis (21/3/2019).

Kapolres mengemukakan simulasi penting dilakukan untuk mengantisipasi kejadian luar biasa pada pelaksanaan pemilu 2019. Mengantisipasi kondisi tertentu sehingga ketika terdapat kejadian bisa langsung ditangani aparat penegak hukum.

Kapolres juga memaparkan titik-titik kumpul pasukan serta tata cara penanganan massa pada situasi tertentu. Termasuk bagaimana menangani massa paslon baik Calon Presiden/Wakil Presiden maupun massa dari calon anggota legislatif yang tidak puas atas hasil perhitungan suara.

Baca juga:  Pileg 2019, DPD Nasdem Target ‘Rebut Palu Sidang’

Setidaknya terdapat 735 personil polisi dari Polres dan Polda akan diterjunkan untuk pengamanan, ditambah personil TNI, Brimob dan Satpol PP. Kapolres menekankan setiap personil harus mengantisipasi semua hal yang berpotensi menimbulkan keributan. Oleh karena itu, Ia mengingatkan agar semua perlengkapan dipastikan dalam kondisi baik, termasuk alat komunikasi seperti HT.

“Semua juga harus merekam apa saja yang terjadi. Walaupun rekamannya hanya berupa gambar hp. Tapi semua personil harus bisa mendokumentasikan,” paparnya.

Baca juga:  PPK Luwuk Mulai Perhitungan Suara, Situasi Masih Kondusif

Ia berharap pelaksanaan pemilu 2019 dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib. Namun, semua hal untuk antisipasi wajib disiapkan sehingga ketika pada situasi tertentu personil pengamanan pemilu sudah siap.*

(van)