3000 Hektare Lahan Jagung di Bualemo Siap Panen

oleh -136 views
PANEN JAGUNG: Sebagian petani jagung telah memulai panennya di Kecamatan Bualemo, Kabupaten Banggai. [Foto: Istimewa]

SANGALU, Luwuk – Seluas 3000 hektar lahan tanaman jagung mulai memasuki masa panen di Kecamatan Bualemo, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan, Usman Suni mengungkapkan panen raya akan dilakukan bersamaan di akhir bulan Maret 2019.

“Kami perkirakan ada sekitar delapan belas ribu ton dari total hasil panen jagung masyarakat di Bualemo nanti,” terangnya, Minggu (3/3/2019).

Usman menjelaskan sejatinya ada sekira 4000 hektar lahan petani yang ditanami jagung di Kecamatan Bualemo, namun sebagian sudah dipanen oleh masyarakat. Meski begitu, masih ada sekira 3000 hektar yang baru memasuki masa panen.

Baca juga:  Jembatan Putus di Nuhon Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

“Selain di Bualemo sebenarnya di kecamatan Nuhon juga ada sekira 800 hektar lahan jagung, di Bunta dan Simpang Raya juga ada. Tapi di dua kecamatan itu tidak banyak,” ungkapnya.

Pemerintah, kata Usman, akan membantu masyarakat dalam memasarkan hasil pertanian para petani tersebut. Caranya, dengan mengandeng perusahaan daerah dalam proses penjualan hasil pertanian jagung.

“Kami sudah koordinasi pak bupati dan rencananya akan bantu pemasarannya melalui perusahaan daerah Banggai Sejahtera,” tuturnya.

Ia mengaku saat ini tanaman jagung yang ada di Bualemo tengah diawasi perkembangannya oleh tenaga penyuluh setempat. Upaya peningkatan penanaman jagung di Bualemo menurutnya tidak lepas dari kinerja baik para tenaga penyuluh. Terutama pada proses edukasi masyarakat mulai dari menanam hingga merawat tanaman jagung.

“Tenaga penyuluh pertanian di sana patut diapresiasi. Mereka adalah tenaga yang siap kapan saja. Bahkan mereka kerja tidak kenal waktu dalam membantu masyarakat, khususnya petani jagung,” tutupnya.*

Baca juga:  Soal Delay Luwuk - Palu, Pihak Wings Air Jelaskan Sudah Sesuai SOP

 

(van)