Patah Kemudi, KM Lapolo Ekspress Nyaris Karam

oleh -379 views
Proses evakuasi kapal oleh Basarnas Luwuk dibantu oleh satu kapal lain dari Perairan Nambo, menuju Pelabuhan Luwuk, Rabu (13/2) malam. [Foto: Istimewa]

SANGALU, Luwuk – Kapal cepat Lapolo Express yang mengalami patah kemudi sekitar 10 NM (Nautical Mile) lepas pantai perairan Nambo malam ini. Karena tak bisa bergerak, kapal akhirnya membuang jangkar, hingga kapal Basarnas tiba dan menariknya ke Pelabuhan Rakyat Luwuk.

KM. Lapolo Express dengan rute pelayaran Luwuk – Bangkurung, Kabupaten Banggai Kepulauan dikabarkan mengalami kendala dan membuat panik 50 orang penumpangnya. Sebelum mengalami patah kemudi, penumpang kapal ini sempat panik akibat gelombang besar hingga kemudian kapal kehilangan arah akibat masalah pada kemudi.

Akibat arus kuat dan gelombang tinggi, Kapten kapal Lapolo pun berinisiatif melepas jangkar agar kapal tak terseret jauh.

Baca juga:  Duda Ditemukan Tewas Usai Minum 3 Butir Telur Ayam

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, Basrano, S.E.,M.AP. mengatakan, informasi patah kemudi diketahui setelah Alkautzar, Koordinator Pos SAR Luwuk mendapat pesan (WhatsApp) yang dikirim langsung Kapten Lapolo Express.

Untuk itu pihaknya, kata Basarno, langsung melakukan tanggap evakuasi dengan mengirim tim rescue.

“Tim rescue sudah diberangkatkan ke lokasi kejadian dengan menggunakan 1 unit RIB, pada pukul 19.02 wita dan pada pukul 19.10 wita 1 unit rescue boat 204 kembali diberangkatkan untuk melakukan evakuasi, terangnya.

Baca juga:  Herianto Sahidu Pimpin Karang Taruna Kecamatan Nambo

Selang satu jam kemudian dari waktu pemberengkatan tim rescue, mereka berhasil menemukan posisi Lapolo Express, dan selanjutnya mengevakuasi korban ke Pelabuhan Luwuk.

Di pelabuhan, puluhan penumpang telah dinanti Kapolres Banggai AKBP Moch. Sholeh SIk dan Dandim 1308/LB Letkol Inf. Nurman Syahreda bersama personil. Proses evakuasi berjalan baik.*

 

(van)