Herwin – Bali Makin Mesra

oleh -208 views
Bupati Banggai, Herwin Yatim dan Ketua DPRD, Syamsulbahri Mang terlihat mesra pada kegiatan Musrenbang di Kecamatan Simpang Raya beberapa waktu lalu. [Foto: Istimewa]

SANGALU, Luwuk – Kans bersatunya Herwin Yatim dan Syamsulbahri Mang (Obama) dalam konstentasi politik agaknya terbuka lebar. Kedua tokoh politik itu terekam duduk bersama dalam suasana penuh keakraban pada satu momen di Kecamatan Simpang Raya.

Ini seolah antitesa atas berkembangnya isu bahwa kedua tokoh politik itu pecah kongsi. “Saya pastikan bahwa kami berdua (Herwin dan Obama, red) baik-baik saja,”tegas Obama yang disambut riuh tepukan tangan para hadirin. Pernyataan Obama disampaikan dalam Forum Musrembang di Kecamatan Simpang Raya, Kamis (21/2/2019). Obama juga mengklarifikasi banyak hal. Antaranya soal keterlambatan pembahasan anggaran yang dialamatkan kepada DPRD.

Menanggapi Obama, Herwin yang hadir dalam forum itu tak mau kalah. Herwin bahkan mengirim sinyal bahwa dirinya dan ketua DPRD itu satu jiwa, satu rasa dan satu jalur.

Baca juga:  Maleo Centre DSLNG Ciptakan Sejarah, Berhasil Tetaskan Telur F1

Itu terungkap saat Herwin mengklarifikasi isu keterlambatan pembahasan anggaran. Herwin tidak menepis bahwa sejak masuk sejak 12 November tahun lalu, dokumen anggaran mengalami pembahasan yang alot dan lama. “Tapi kenapa lama? Karena memang ada unsur kehati-hatian,” kata Herwin. Hal itu katanya, memang seharusnya dilakukan.

“Tidak boleh kita, ketika memasukan dokumen anggaran, kemudian harus seolah-olah dibahas disecepat-cepatnya,” kata Herwin. Memang dulu, saat dirinya masih wakil bupati bersama Sofhian Mile (bupati), dokumen anggaran sangat cepat dibahas. Misalnya, kalau dimasukan Desember, satu minggu kemudian sudah bisa disahkan.

“Saya kadang-kadang bertanya dalam hati, pak ketua, mungkin karena (saaat ini, red) kamar kita sudah beda,” celutuk Herwin yang langsung disambut ketawa Obama dan para hadirin. Herwin masih melanjutkan, “karena kamar kita sudah berbeda, maka pak ketua lebih hati-hati. Dan ini sesuatu yang wajar, menurut saya.”
Namun, lanjut Herwin, mestinya komunikasi yang harus lebih diintensifkan. “Kalau komunikasi itu diintensifkan, maka tidak ada dusta di antara kita,” kata Herwin yang lagi disambut riuh para hadirin.

Baca juga:  Lagi Asik, Sejoli Asal Touna Terjaring Razia di Penginapan

Herwin menegaskan bahwa dirinya sebenarnya paling komitmen. Tahun 2004, dia pernah menjadi ketua Komisi C bersama-sama Samsulbahri Mang sebagai anggota DPRD.

“Jadi, kitorang (kami) dua sama-sama tahu kartunya,” kata Herwin. “Kalau saya bilang begini, pak ketua (Obama, red) pasti ketawa. Karena kita ini satu hati satu jiwa, satu jurusan,” lanjut Herwin. Dia lantas mengapreasi dukungan ketua DPRD selama ini sehingga Kabupaten Banggai makin dikenal di kancah nasional.

Pertemuan Herwin dan Obama dalam satu forum seperti ini, selalu menjadi perhatian publik. Sejak kasus pembahasan APBD 2019 yang alot dan lama, kedua politikus dengan platform partai yang berbeda ini sering didefisinikan pecah kongsi. Padahal, dalam konstestasi pilkada 2020 mendatang, nama Herwin dan Bali acapkali disandingkan. Semisal akronim Herbal alias Herwin Bali. Belakangan, Herwin dikabarkan akan tetap menggandeng Mustar Labolo dalam pilkada mendatang. Sedangkan Obama, konon akan membentuk poros sendiri, entah dengan siapa nanti.

Baca juga:  Cap Tikus Minsel Legal, Berpita Cukai dengan Kemasan Menarik

Namun melihat komunikasi Herwin dan Bali belakangan ini, seolah menepis perpecahan itu. Banyak pemerhati yang melihat Herwin dan Bali kemungkinan masih bisa disandingkan. Sejumlah kalangan berspekulasi isu perpecahan Herwin dan Obama selama ini sengaja digoreng pihak tertentu untuk meraup keuntungan pribadi atau kelompok. Padahal kenyataannya, kedua politisi itu baik-baik saja. Bahkan tidak tertutup kemungkinan keduanya akan bergandengan tangan di pilkada 2020 nanti.

 

(bepe)