BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Kepulauan Banggai

oleh -133 views
Ilustrasi [Google]

SANGALU, Luwuk – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika kembali merilis adanya potensi gelombang tinggi di Perairan Kepulauan Banggai, Sulawesi Tengah dan Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Tinggi gelombang pada tanggal 10 Februari 2019 antara pukul 08.00 – 20.00 Wita yang akan menerpa dua wilayah ini diperkirakan mencapai di atas 1,25 – 2,5 meter.

Rilis yang dikeluarkan Stasiun Meteorologi Maritim Kendari menjelaskan bahwa gelombang tinggi memiliki resiko terhadap keselamatan pelayaran. Kecepatan angin akan mencapai 15 knot dengan tinggi gelombang di atas 1,25 meter bagi perahu nelayan.

Baca juga:  Kebakaran Hutan di Desa Tombang

Sementara untuk kapal tongkang kecepatan angin mencapai 16 knot dengan tinggi gelombang di atas 1,5 meter. Untuk kapal penyeberangan ASDP (kapal Ferry) kecepatan angin mencapai lebih dari 21 knot dengan tinggi gelombang di atas 2,5 meter. Kemudian, untuk kapal ukuran besar  seperti kapal kargo/kapal pesiar kecepatan angin mencapai lebih dari 27 knot dengan tinggi gelombang di atas 4,0 meter.

Melihat potensi berdasarkan prakiraan meteorologi maritim ini, pihak BMKG meminta agar masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada.*

Baca juga:  Bangunan Eksternal Pabrik PT SASL Terbakar

(van)