Ronal Putje, si Penebar Informasi Positif Pemda Banggai

oleh -320 views
Ronal Putje, Kasubag Humas Setda Banggai. [SANGALU/Istimewa]

Aktif dalam tugas sebagai penyambung lidah antara pimpinan daerah dan media, membuatnya nyaris tak berjarak dengan sejumlah jurnalis. Pembawaannya yang santun, santai tapi serius juga menjadikan alumni SMAN 1 Luwuk ini menyatu dengan komunitas pewarta. Dialah Ronal Putje, kasubag Humas Setda Banggai.

Oleh: Admin Sangalu.com

Pagi cerah menyemangati awal hari kerja, Senin 21 Januari 2019. Beberapa rekan dalam grup Humas Pemda Banggai bergilir mengirimkan sepenggal kalimat berisi doa dan harapan untuk kesehatan dan kemakmuran pria yang akrab disapa Onal ini.

Usianya baru memasuki 33 tahun hari ini. Tapi prestasinya dalam meningkatkan informasi positif pemerintah Kabupaten Banggai tak perlu diragukan. Saban hari, Ia harus memastikan bahwa kegiatan pemda sudah tersalurkan ke sejumlah media lokal maupun nasional. Onal nyaris tak memiliki waktu untuk bersenda gurau dengan keluarga, bahkan anaknya.

Baca juga:  Konsolidasi, Batia Instruksikan Kader NasDem Wajib Menangkan AT-FM

“Biasanya saat saya pulang maunya langsung main sama anak, tapi karena beberapa kegiatan belum dirilis jadi saya masih membuat rilis dulu,” kata Onal beberapa waktu lalu saat bercengkeramah di salah satu percetakan di Kota Luwuk.

Waktunya memang sangat padat. Betapa tidak, Ia harus ikut pada sejumlah kegiatan. Pada setiap kegiatan, pria tambun ini harus mendokumentasikan sejumlah pernyataan pimpinan daerah. Kemudian mengirimkannya ke sejumlah grup berisi para pewarta untuk disampaikan ke publik.

Baca juga:  Jejak Prostitusi Online di Kabupaten Banggai

Perannya sangat penting dalam mengangkat citra positif pemda Banggai. Sebab, amanah jabatannya mengharuskan itu dan Onal menjalankannya dengan sangat baik. Terbukti, seluruh kegiatan tersampaikan ke publik melalui sejumlah media massa maupun elektronik dan daring.

Tak hanya di lingkungan kerja, Onal juga dikenal dekat dan mampu menyatukan berbagai karakteristik pemuda di lingkungannya. Itu terlihat dalam satu kegiatan yang pernah dibuatnya bersama sejumlah Alumni SMA/SMK tahun 2004 se Kota Luwuk. Momen itu terjadi pada bulan puasa 2018 lalu. Ia menggagas agar ada pertemuan alumni tahun 2004 untuk semua SMA sederajat dan itu terlaksana dengan baik.

Baca juga:  Wanita Muda Ditemukan Tewas Bersimbah Darah di Kosan

Melihat pangkat dan masa kerjanya, alumni STPDN layak mendapatkan penghargaan atas prestasinya dengan jenjang karier yang lebih baik. Pemuda dengan karakteristik seperti ini harus diberi kepercayaan yang lebih besar agar kelak Ia menjadi pemimpin yang lebih tangguh.

Selamat milad utusku, Onal Putje. Semoga terus diberi kesehatan dan semakin tangguh dalam meningkatkan informasi dan citra positif pemda Banggai. Aamiiin.*

(adm)