PMI Gelar Jumbara di HUT Kecamatan Simpang Raya ke 9 Tahun

oleh -135 views
CAMAT Simpang Raya, Harianto Ghalib S.Sos (kiri) saat mendampingi Bupati Banggai dan Wabup Banggai saat upacara pembukaan kegiatan Jumbara dan HUT Kecamatan Simpang Raya ke 9 tahun di Lapangan Desa Rantau Jaya, Jumat 18 Januari 2019. [SANGALU/ Humas Pemda]

SANGALU, Simpang Raya – Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim MM bersama Wabup Drs. Mustar Labolo membuka langsung kegiatan Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) dari lima kecamatan yakni; Kecamatan Pagimana, Lobu, Bunta, Simpang Raya dan Kecamatan Nuhon, Jumat 18 Januari 2019.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun Kecamatan Simpang Raya ke 9 tahun tersebut dikatakan merupakan sarana positif untuk menyalurkan bakat remaja. Melalui Jumbara, diharapkan para remaja terjauh dari kegiatan negatif seperti pergaulan bebas dan narkotika.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Banggai, Fuad Muid mengatakan ucapan terima kasih kepada Bupati Banggai dan Wakil Bupati Banggai karena sudah menyempatkan hadir dalam kegiatan tersebut. Pasalnya, semalam kedua pimpinan daerah masih berada di Kecamatan Moilong dalam rangka HUT Moilong ke 9 tahun hingga pukul 02.00 Wita.

“Rasa terima kasih juga atas perhatian kedua pemimpin daerah yang telah memberikan perhatian kepada remaja. Ini merupakan program yang bisa membuat para remaja jauh dari pergaulan bebas dan narkotika. Sebab program PMI dapat memberikan kegiatan dan dampak positif kepada para remaja,” kata Fuad Muid dalam sambutannya.

Kabupaten Banggai tahun 2018 kemarin, melalui PMI Banggai mendapatkan penghargaan dari PMI Pusat atas kerja-kerja adik-adik PMR. Kerjasama para remaja PMR, kata Fuad, sangat membantu program kerja PMI hingga berbuah penghargaan tingkat nasional.
“Kedepan kami akan melaksanakan Jumbara Nasional pada bulan September, Insha Allah dengan doa kita semua kegiatan ini bisa dilaksanakan di Kabupaten Banggai. Sekitar 3000an peserta PMI se Indonesia akan berkumpul dan semoga kita bisa melaksanakannya,” terang Fuad.

Baca juga:  Bupati Imbau Malam Tahun Baru Isi dengan Zikir dan Doa Bersama

Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim MM, dalam sambutannya juga mengapresiasi keaktifan para remaja PMR. Ia mengaku sangat bahagia, sebab para remaja mendapatkan pembinaan positif dari kegiatan-kegiatan PMI Banggai.

“Banyak orang bisa berbicara terkait program tapi sedikit yang mampu membuat program itu berjalan baik. Hari ini pemerintah kabupaten Banggai mengapresiasi kehadiran PMI yang sudah bisa membawa remaja kita ke arah yang lebih positif,” tuturnya.

Potensi daerah kita sudah mencapai 3 triliun kubikasi cadangan gas. Itu bisa dikelolah dalam 50 tahun kedepan. Nah, ini bisa jadi aset kita yang nantinya akan dikelola oleh generasi remaja saat ini. Namun, jika para remaja terjerumus ke hal-hal seperti ngefox dan lainnya, maka aset daerah kita akan dikelola oleh orang dari luar. Oleh karena itu Ia mengapresiasi kerja-kerja PMI.

Baca juga:  Kejurnas Hapkido Online, Sulteng Rebut 2 Medali Perunggu

“Sudah berapa lama PMI ada di kabupaten Banggai dengan bantuan pemerintah daerah, provinsi dan pusat tapi baru kali ini mendapatkan penghargaan nasional. Oleh karena itu sangat wajar ketika pemerintah daerah memperhatikan PMI dengan kucuran dana yang seharusnya. Sebab, ini sudah terbukti membawa prestasi baik untuk daerah kita,” paparnya.

Buapti juga mengapresiasi pemerintah kecamatan Simpang Raya yang tetap semangat melaksanakan pembangunan di wilayah. Ia bahkan mengaku bersyukur atas pernyataan Joko Buntarno, selaku ketua panitia HUT kecamatan yang mengatakan bahwa pembangunan oleh pemerintah daerah sudah menyentuh seluruh wilayah Simpang Raya.

“Di HUT ke 9 Simpang Raya ini saya berharap masyarakat bisa terus meningkatkan produktifitas dan kerja-kerja nyata. Dengan begitu semua hal bisa terlaksana dengan semangat pembangunan yang positif. Insha Allah kedepan masyarakat Simpang Raya akan lebih baik lagi dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Sementara itu, Wabup Banggai Drs. Mustar Labolo juga mengapresiasi kinerja PMI Banggai. Menurut Mustar, dengan melihat prestasi nasional yang sudah ditorehkan anak-anak PMR maka pemerintah merasa anggaran yang dikucurkan tidak mubazir.

“PMR pertama saya apresiasi, anggaran yang dikucurkan tidak mubazir karena sudah berhasil meraih penghargaan tingkat nasional. Kita bangga karena anak2 kita tidak terjerumus ke pergaulan bebas, narkoba dan lainnya.
Kedua, Kabupaten Banggai baru mendapatkan penghargaan piala Adipura. Nah, untuk itu mari kita semua tetap menjaga semangat pinasa dan kebersihan lingkungan,” kata Mustar.

Baca juga:  Ketahuan Bawa Sabu, Oknum Honorer Satpol PP Diciduk Polisi

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Desa Rantau Jaya tersebut juga dihadiri oleh sejumlah Organisasi Perangkat Daerah, Camat Nuhon, Camat Bunta, Danramil Bunta, Kapolsek Bunta dan seluruh kepala desa se kecamatan Simpang Raya. Pada momen itu, Camat Simpang Raya, Harianto Ghalib menuturkan semangat pemerintah kecamatan dalam pelayanan publik terus digalakkan. Ia juga berterima kasih kepada bupati dan wabup atas perhatiannya pada pembangunan di wilayah. Dimana bantuan kartu petani sejahtera yang sudah dibagikan ke masyarakat berkisar 1.114, Kartu Indonesia Sehat (KIS) hampir 13.000 sudah dibagikan ke masyarakat. Kemudian untuk program keluarga harapan dari anggaran Rp500 juta, di tahun 2019 naik menjadi Rp1,5 miliar.

“Kita bangga dengan dua pemimpin terbaik ini, sebab sudah dua kali meraih adipura dari program pinasa. Kemudian telah mengeluarkan 130 lebih inovasi di kabupaten banggai. Semua hasil itu adalah buah tangan dari kedua pemimpin kita dalam menahkodai pembangunan di daerah kabupaten banggai,” tutupnya.*

(van)