Ombak Besar, Ratusan Perahu Nelayan di Maahas Naik ke Jalan

oleh -735 views
Ratusan perahu nelayan terpaksa dinaikkan ke badan jalan untuk menghindari kerusakan akibat hantaman ombak besar di pesisir pantai Kelurahan Jole dan Maahas, Selasa (29/1/2019). [Foto: SANGALU/Steven Pontoh]

SANGALU, Luwuk – Cuaca ekstrim yang melanda pesisir pantai di Kelurahan Jole hingga Kelurahan Maahas membuat para nelayan menyelamatkan perahunya ke ketinggian, Selasa (29/1). Ombak besar yang terjadi sejak subuh hari membuat ratusan perahu nelayan terpaksa dinaikkan ke badan jalan.

“Biasa memang seperti ini setiap bulan desember sampai maret. Hanya memang ombak sebesar ini jarang terjadi,” kata Djalal Yunus, warga Maahas saat ditemui di jalan Pantai Maahas.

Djalal menjelaskan, fenomena alam memang susah ditebak. Namun, ombak besar yang menghantam pesisir pantai Jole hingga Maahas cukup mengganggu para nelayan. Terlebih, mereka yang berjualan ikan bakar di tepi pantai.

Baca juga:  Irwanto Kulap: AT-FM Adalah Solusi Bagi Masyarakat Banggai

“Semua perahu dinaikkan ke darat. Begitu juga yang jualan sementara belum beroperasi,” ungkapnya.

Terpisah, Adi, nelayan Maahas yang baru saja pulang dari melaut menuturkan cuaca di laut kurang bersahabat. Ombak di lautan diperkirakan setinggi tiga meter, sehingga nelayan yang memaksa turun juga kurang mendapatkan ikan.

“Tidak bagus cuaca, tapi alhamdulillah saya masih dapat tiga ekor ikan,” katanya.

Kedatangan Adi, disambut sejumlah warga. Mereka ikut melakukan evakuasi terhadap perahu yang baru saja tiba. Setelah, ditarik ke pantai perahu langsung diangkat bersama-sama oleh warga ke badan jalan. Itu dilakukan agar perahu tidak mengalami kerusakan akibat hantaman ombak besar.*

 

Baca juga:  Lagi, Polsek Bunta Sita Puluhan Liter Cap Tikus

(van)