KM Sumber Raya Nyaris Karam di Perairan Bangkep

oleh -111 views
Tim Basarnas Palu Pos Luwuk saat tiba di Pelabuhan Salakan, Kabupaten Banggai Kepulauan, Rabu 9 Januari 2019. [Foto: SANGALU/Basarnas]

SANGALU, LuwukKapal Motor (KM) Sumber Raya 03, yang membawa penumpang dari Kota Luwuk, Kabupaten Banggai dengan tujuan Taliabu, Kabupaten Maluku Utara, nyaris karam di perairan Banggai Kepulauan karena diterjang gelombang besar.

Kapal berpenumpang 82 orang dan 9 orang anak buah kapal tersebut bertolak dari Pelabuhan Rakyat Luwuk pada 8 Januari 2019 malam. Cuaca ekstrim yang tengah melanda wilayah perairan Banggai dan Banggai Kepulauan membuat KM. Sumber Raya 03 mengalami bocor di lambung kapal.

Melihat situasi kapal, kapten kapal berusaha mendekati pantai lalu meminta pertolongan warga. Para penumpang pun diturunkan ke darat, sementara kapal masih dalam kondisi bocor dan terdampar di tepi pantai.

Koordinator Basarnas Pos Luwuk, Al Kautsar mengemukakan mereka mendapatkan informasi kecelakaan pelayaran dari Kepala BPBD Taliabu, Sutomo Kalak pada pukul 03.15 Wita. Lokasi musibah berada di perairan Pulau Bakalan, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah dengan posisi 1°15’21.60″ LS – 123°25’50.50″ BT.

Setelah mendapatkan informasi itu, pada pukul 03.35 tim Basarnas Palu Pos Luwuk langsung bergerak ke lokasi dengan menggunakan 1 unit KN 204, 1 unit perahu karet dan peralatan SAR pendukung lainnya. Namun saat tim tiba di lokasi, seluruh penumpang sudah berhasil dievakuasi warga ke darat.

“Saat ini kami masih bicara dengan penumpang apakah mereka mau lanjut ke Banggai Laut, atau ke Taliabu atau kembali ke Luwuk. Nanti kami sampaikan kembali perkembangannya,” kata Al Kautsar saat dihubungi via telepon pada Rabu pagi.*

Sumber: sulteng.antaranews.com

Baca juga:  Limbah Industri PT SASL Dibuang ke TPA Bunga, Duitnya Masuk Rekening Pribadi