KM Sabuk Nusantara 59 Siap Beroperasi di Sulteng, Gorontalo dan Malut

oleh -2.290 views
KM Sabuk Nusantara 59 saat sandar di Pelabuhan Pagimana, Rabu 23 Januari 2019. [Foto: SANGALU/Dadang]

SANGALU, Pagimana – Kabar gembira bagi Anda yang suka bepergian dengan transportasi laut. KM Sabuk Nusantara 59 yang merupakan kapal perintis siap beroperasi di enam wilayah yang ada di Sulawesi Tengah (Sulteng), Gorontalo dan Maluku Utara (Malut).

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Pagimana, Dadang mengungkapkan bahwa KM Sabuk Nusantara 59 saat ini sudah berlabuh di Pelabuhan Pagimana sejak 23 Januari 2019. Nantinya, KM Sabuk Nusantara 59 akan melayani rute; Pagimana – Gorontalo – Pasokan – Wakai – Ampana – Unauna – Parigi. Kemudian dari Parigi balik lagi ke Unauna – Ampana – Wakai – Pasokan – Gorontalo – Pagimana – Gorontalo – Banggai – Bobong – Banggai – Gorontalo – Pagimana.

“Saat ini untuk ijin operasi KM Sabuk Nusantara 59 masih menunggu rekomendasi dari Dirjenhubla. Jika itu sudah keluar maka kapal sudah bisa melayani masyarakat dengan rute yang ada,” kata Dadang.

Baca juga:  Wabup Banggai Ingatkan Kontraktor Jangan Menyimpang

Dadang mengatakan bagi warga yang senang bepergian dengan transportasi laut, agar bisa mempersiapkan diri. Terutama bagi mereka yang masuk dalam rute pelayaran KM Sabuk Nusantara 59.

“Yang ingin menggunakan transportasi laut sesuai rute itu, silahkan persiapkan diri Anda untuk menggunakan jasa angkutan laut perintis yakni KM Sabuk Nusantara 59,” ungkapnya.

Ia juga menyarankan untuk informasi lebih lanjut, kepada calon penumpang diharapkan datang langsung ke Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III di Pagimana.*

Baca juga:  Kapal Perintis Tabrak KMP Moinit di Perairan Pagimana

(van)