KM Rejeki Baru Memutar Lewat Tanjung Kambani

oleh -304 views
Sejumlah kapal penumpang tujuan Kabupaten Banggai Kepulauan dan Banggai Laut saat berlabuh di Pelabuhan Rakyat beberapa waktu lalu. [SANGALU/ Steven Pontoh]

SANGALU, Luwuk – Kapal Motor (KM) Rejeki Baru yang akan berlayar dari Pelabuhan Rakyat Luwuk, Kabupaten Banggai, menuju Pelabuhan Banggai, Kabupaten Banggai Laut terpaksa mengalihkan rute pelayaran untuk mencari jalur aman.

Kapten KM Rejeki Baru, Benni Budiman mengungkapkan cuaca memang kurang bersahabat belakangan ini. Kondisi itu ditambah rilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membuatnya harus mengambil sikap. Rute kapal yang biasanya melalui perairan Tanjung Pamali dialihkan memutar melalui perairan Tanjung Kambani.

“Memang agak lambat tiba ditujuan, tapi kami cari aman. Yah, kalau lewat Tanjung Pamali biasanya kami tempuh dengan waktu tujuh jam, malam ini mungkin delapan jam stengah baru tiba di Pelabuhan Banggai,” paparnya.

Baca juga:  Air Terjun Salodik Makin Memesona

Meski begitu, penumpang di KM. Rejeki Baru membludak karena berkenaan dengan berakhirnya hari libur. Sejumlah pegawai dan anak sekolah terlihat memadati kapal. Itu terlihat juga dengan adanya penambahan kasur busa bagi penumpang kapal.

“Untuk pelayaran malam ini, kami mengangkut seratus sembilan puluh orang. Kali ini memang penumpang full,” kata Benni.

Benni berharap dalam pelayaran tidak terjadi hal buruk, dan kapal yang dinahkodainya bisa tiba ditujuan dengan selamat.

Sementara itu, Sri Imayanti, salah satu penumpang mengaku sedikit khawatir dengan cuaca ekstrim yang dirilis BMKG. Namun, karena ada tugas yang harus segera diselesaikan maka Ia wajib pulang ke Banggai Laut.

“Khawatir juga cuma harus tetap balik. Mudah-mudahan lancar dan selamat sampai tujuan,” imbuhnya.

Baca juga:  Waspada! Positif Covid di Banggai Melonjak jadi 84 Orang

Kepadatan penumpang juga terlihat dari pesanan kamar yang full. Begitupun untuk kelas ekonomi, dimana pihak kapal harus menambah ekstra tempat tidur penumpang (kasur spon).*

(van)