Jadi Bandar Kupon Putih, David Beckham Ditangkap Polisi

oleh -2.249 views
Kapolres Banggai AKBP Moch. Sholeh SIk saat memaparkan hasil penggerebekan bandar kupon putih di Mapolres Banggai, Selasa (22/1/2019) siang. [Foto: SANGALU/Humas Polres]

SANGALU, Luwuk – Kapolres Banggai AKBP Moch. Sholeh SIk memimpin langsung operasi penggerebekan bandar kupon putih yang ada di Kota Luwuk, Sabtu 19 Januari 2019. Hasilnya, lebih dari Rp16 juta diamankan dari empat tempat berbeda.

Penggerebekan dilakukan mulai pukul 14.30 Wita hingga pukul 17.00 Wita. Polisi menyisir empat tempat berdasarkan laporan warga yakni di Jl. Dr. Soetardjo (jalan tembus) Nomor 181, di Jl. KH. Wahid Hasyim (kubur turki). Di dua tempat ini polisi mengamankan barang bukti uang tunai senilai Rp4.535.000; dan Rp1.123.000; beserta bandar berinisial SL dan RH serta sejumlah warga yang diduga terlibat.

Selanjutnya, dalam pengembangan polisi kembali mengamankan bandar berinisial DB dari Jl. Pangeran Antasari nomor 7 Luwuk. Serta penangkapan terhadap seorang peluncur berinisial NS di bilyard King, Jl. Jenderal Sudirman lengkap dengan sejumlah barang bukti tafsir mimpi, rekapan, dan uang tunai sebanyak Rp10.575.000; dan Rp1.450.000;.

Baca juga:  Bukan Bertobat, Pencuri Asal Luwuk ini Malah Ketagihan Masuk Penjara

Dari total sekira 15 warga yang diamankan, usai dimintai keterangan empat orang diantaranya ditetapkan sebagai tersangka, yakni SL alias Sri Latempo (44), RH alias Rais Husain (47), DB alias David Beckham alias Ko David (44) dan NS alias Noni Suryani (47).

Keempat tersangka dijerat dengan pasal 303 ayat 1e KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya sepuluh tahun atau denda sebanyak-banyaknya Rp25 juta. Pasal 1e berbunyi; Menuntut pencaharian dengan jalan sengaja mengadakanatau memberi kesempatan untuk main judi, atau sengaja turut campur dalam perusahaan main judi.

Baca juga:  Bangun Demokrasi tanpa Hoaks, Polres Banggai Undang Ustad Das'at Latief

Dalam keterangan para tersangka, SR dan RH diketahui merupakan peluncur atau penjual kupon putih, sementara DB merupakan bandar besarnya. Mereka yang keliling mencari pemasang kupon putih untuk kemudian disetorkan ke sang bandar.

Kapolres Banggai AKBP Moch. Sholeh SIk memaparkan tidak akan mentolelir praktik perjudian di wilayah hukum Polres Banggai. Oleh karena itu, Ia memimpin langsung penggerebekan itu. Ia berharap, masyarakat juga dapat berperan aktif dalam membantu kinerja polisi dengan memberikan informasi jika terdapat praktek perjudian di lingkungan masing-masing.*

(van)