Delapan Hari Buron, Bella Chyntia Ditangkap di Luwuk

oleh -1.274 views
Bella Chyntia Beddu (23), DPO Kejari Donggala saat diamankan Tim Intelijen Kejari Banggai, Jumat (25/1/2019) sekira pukul 15.30 Wita di Desa Tontoan. [Foto: SANGALU/ Kejari Banggai]

SANGALU, Luwuk – Seorang wanita terdakwa kasus narkotika bernama Bella Chyntia Beddu (23), yang kabur dari Rumah Tahanan Negara Klas II A Palu pada hari Kamis (17/1/2019), berhasil diringkus tim Intelijen Kejaksaan Negeri Banggai, Jumat 25 Januari 2019.

Berdasarkan rilis Kejaksaan Negeri (Kejari) Donggala, Bella merupakan terdakwa kasus narkotika yang sudah delapan hari melarikan diri. Pasca kabur dari petugas pengawal tahanan, Bella langsung ditetapkan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) oleh Kejari Donggala.

Dijelaskan pula bahwa yang bersangkutan merupakan tahanan wanita yang masih menjalani proses persidangan pada Pengadilan Negeri Donggala. Ia didakwa melakukan perbuatan sebagaimana primair Pasal 114 (2) subsidiair Pasal 112 (2) Undang-undang RI nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Baca juga:  Jaksa Periksa Proyek SMAN 1 Luwuk senilai Rp1,9 Miliar

Adapun kronologi penangkapan, yakni Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Donggala, Sdr. Muh. Rum Dahlan, SH, menerima informasi yang menyebutkan Bella terpantau berada di Kabupaten Banggai. Mendapatkan informasi tersebut, Rum lalu berkoordinasi dengan tim Intelijen Kejaksaan Negeri Banggai dengan menyertakan informasi dan alamat dimana terdakwa diduga bersembunyi.

Ketika tim Intelijen Kejari Banggai yang dipimpin Kasi Intel, Musmuliadi SH, Bella ternyata memang berada di rumah tersebut. Oleh tim Intelijen Kejari Banggai, Bella diberi kesempatan untuk membersihkan diri (mandi) sebelum akhirnya digelandang dan dititipkan ke sel tahanan Polres Banggai.

Baca juga:  Banggai Terancam Tak Pilkada, Mendagri: Pak Longki Tolong Ingatkan Bupati Banggai

“Setelah kita amankan, terdakwa langsung kita titipkan ke sel tahanan Polres Banggai. Besok, terdakwa akan dijemput oleh tim Kejari Donggala,” jelas Kasi Intel Kejari Banggai, Musmuliadi.

Musmuliadi menjelaskan saat dilakukan penangkapan di Desa Tontoan, terdakwa tidak melakukan perlawanan. Hal itu memudahkan tim untuk mengamankannya ke Mapolres Banggai.

“Dia kami amankan di rumah salah satu kerabatnya di Jalan Bukit Tinggi, lorong Posintuwu Desa Tontoan. Karena terdakwa kooperatif maka kami tidak mengalami kendala,” paparnya.

Baca juga:  Kepala Kejaksaan Negeri Banggai Berganti, Ramdhanu Jabat Kajari Pasuruan

Penangkapan terhadap Bella dilakukan tim Intelijen Kejari Banggai, sore tadi sekira pukul 15.30 Wita. Terlihat juga, dalam penangkapan itu, tim intelijen didampingi sejumlah aparat kepolisian.*

(van)