Bangun Demokrasi tanpa Hoaks, Polres Banggai Undang Ustad Das’at Latief

oleh -222 views
Ustad Das'at Latief saat memberikan ceramah pada kegiatan Tabligh Akbar dalam rangka Satgas Nusantara 2019 yang dilaksanakan Polres Banggai, Rabu (30/1/2019) di Masjid An Nur Luwuk. [Foto: SANGALU/ Humas Pemda]

SANGALU, Luwuk – Jelang pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 17 April 2019 nanti, mulai diantisipasi Polres Banggai. Untuk menghindari kegaduhan akibat perbedaan pilihan, Polres Banggai menggelar tabligh akbar dengan mengundang Ustad Das’at Latief di Masjid An Nur Luwuk.

Kegiatan itu dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan jamaah yang hadir untuk tidak menjadikan perbedaan pilihan sebagai pemecah persatuan masyarakat. Mengangkat tema; Membangun demokrasi sehat tanpa hoaks dan provokasi jelang Pileg dan Pilpres 2019 yang aman, damai dan sejuk, Kapolres Banggai AKBP Moch. Sholeh SIk mengungkapkan kegiatan yang terselenggara dalam rangka satgas nusantara 2019 tersebut diharapkan mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat dan jamaah yang hadir. Dengan begitu, pelaksanaan pesta demokrasi yang aman, tertib dan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Mari kita sama-sama menjalin tali silaturahmi. Jangan saling memutus tali silaturahmi antar sesama hanya karena perbedaan pilihan,” kata kapolres saat memberikan sambutan, Rabu (30/1/2019).

Baca juga:  Salat Ied Diinstruksikan Tegas Dilaksanakan di Rumah

Kapolres menjelaskan tujuan dari kegiatan tersebut ialah untuk mendinginkan situasi jelang Pilpres dan Pileg se Indonesia, khususnya di Kabupaten Banggai.

“Pilihan boleh beda, tapi upayakan keadaan hati tetap tenang dan dingin,” imbuhnya.

Senada dengan itu, Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim MM, dalam sambutannya mencontohkan perbedaan pilihan pada momentum Pilpres, berdasarkan garis partai yang mereka ikuti bersama Wakil Bupati Banggai Drs. Mustar Labolo. Meski begitu, keduanya tetap berkomunikasi dan berkoordinasi dengan baik dalam pelaksanaan program pemerintah Kabupaten Banggai.

Baca juga:  Aliansi Mahasiswa Unismuh Luwuk, Pertanyakan Pengelolaan Anggaran Kampus

Ia menjelaskan, dirinya sebagai bupati juga menjabat sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan di Kabupaten Banggai yang notabene wajib mendukung paslon nomor urut satu, Jokowi – Ma’ruf. Sementara wabup yang juga ketua DPD Gerindra Kabupaten Banggai, secara garis partai wajib mendukung paslon nomor urut dua, Prabowo – Sandi.

“Saya bilang lanjutkan, pak wabup bilang ganti. Akan tetapi perbedaan pilihan tersebut, tidak menjadikan hubungan kami terganggu. Ketemu tetap cipika cipiki. Kami masih tetap bersama-sama membangun kabupaten Banggai,” ungkapnya.

Melihat upaya Polres Banggai mengantisipasi memanasnya pesta demokrasi jelang Pilpres dan Pileg, Bupati Herwin mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tabligh akbar dalam rangka satgas nusantara 2019 itu.

Baca juga:  Aklamasi, Irfan Bungadjim Pimpin Karang Taruna Banggai

Ia berharap apa yang disampaikan oleh para penceramah dapat menjadi berkah dan menambah wawasan keislaman untuk semakin baik. Selain itu, harapan Polri dan TNI untuk pemilu damai dan sejuk dapat tercapai.

Hadir sebagai penceramah selain Ustad Das’at Latief, ialah Ustad Zainal Abidin Alihamu, dan Ustad Muhammad Muadz. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh sejumlah perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) , tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, majelis Ta’lim Kabupaten Banggai, anggota Polres Banggai, TNI, dan jamaah masyarakat Kota Luwuk.*

 

(van)