82 Penumpang KM Sumber Raya 03 Diberangkatkan ke Balut

oleh -132 views
Penumpang KM Sumber Raya 03 saat berada di Pelabuhan Salakan, Rabu 9 Januari 2019. [Foto: SANGALU/Istimewa]

SANGALU, Luwuk – Sebanyak 82 penumpang KM Sumber Raya 03 tujuan Taliabu, Maluku Utara yang terpaksa turun di Salakan, Kabupaten Banggai Kapulauan (Bangkep) karena kecelakaan pelayaran telah diberangkatkan ke Tobing melalui jalur darat, siang tadi.

Kepala BPBD Taliabu, Sutomo Kalak menuturkan bahwa penumpang KM Sumber Raya 03 sudah diperjalanan menggunakan bis Dinas Perhubungan Banggai Kepulauan menuju Tobing. Disana, para penumpang akan diangkut oleh kapal yang telah disiapkan pemerintah Kabupaten Banggai Laut (Balut) melalui BPBD Balut untuk menyeberang ke Kota Banggai.

“Nanti malam para penumpang rencananya diberangkatkan ke Taliabu menggunakan kapal KM Mekar Teratai,” kata Sutomo Kalak.

Baca juga:  Hindari Karantina, Warga Tataba dari Morowali Kelabui Gugus Tugas COVID-19

Diketahui, Kapal Motor (KM) Sumber Raya 03, kapal penumpang dengan rute Luwuk, Kabupaten Banggai ke Taliabu, Kabupaten Maluku Utara nyaris karam diperairan Kabupaten Banggai Kepulauan usai diterjang gelombang besar.

Kapal berpenumpang 82 orang plus 9 orang anak buah kapal tersebut bertolak dari Pelabuhan Rakyat Luwuk pada tanggal 8 Januari 2019 malam. Cuaca ekstrim yang tengah melanda wilayah perairan Banggai dan Banggai Kepulauan membuat KM. Sumber Raya 03 mengalami kebocoran di lambung kapal.

Baca juga:  Pengamanan Surat Suara, Kapolres Sarankan KPU Sewa Kontener

Melihat situasi kapal, kapten kapal terpaksa mendekati pantai lalu meminta pertolongan warga. Para penumpang pun diturunkan ke darat. Sementara kapal masih dalam kondisi bocor dan terdampar di tepi pantai.*

(van)