Tahun 2018, Pemkab Banggai koleksi 12 penghargaan nasional

oleh -100 views
Bupati Banggai, Herwin Yatim saat menerima predikat Kepatuhan Tinggi 2018 kategori Zona Hijau terhadap standar pelayanan publik di Auditorium TVRI Jakarta, Senin (10/12/2018). [Sangalu/IST]

SANGALU, Luwuk – Tahun 2018, adalah tahun ketiga Kabupaten Banggai dibawah kepemimpinan Bupati Herwin Yatim dan Wakil Bupati Mustar Labolo. Tapi segudang prestasi sudah digapai keduanya terhadap pelayanan masyarakat Kabupaten Banggai.

Kedua sosok pemimpin daerah ini seakan tak ingin berdebat, dengan segelintir orang yang kerap meragukan niat mereka dalam membangun daerah. Segala keraguan itu dijawab dengan 12 prestasi mentereng di tahun 2018.
Prestasi yang telah dicapai antara lain; Opini Wajar Tanpa Pengecualian lima kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), atas pengelolaan keuangan daerah. Untuk pertama kalinya mendapatkan penghargaan inovasi yakni; Inagara Award tahun 2018 dari Lembaga Administrasi Negara. Mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten Peduli HAM tingkat nasional dari Kementerian Hukum dan HAM RI. Penghargaan National Procurement Award tahun 2018, dan mendapatkan nilai SAKIP yang meningkat dari sebelumnya C menjadi BB. Penghargaan adipura dan tanda kehormatan Satyalencana Kebaktian Sosial dari Presiden RI di Jakarta. Penghargaan atas pengelolaan kepegawaian tingkat kabupaten terbaik. Penghargaan Indonesia’s Atractivness Award atas pelayanan publik oleh Majalah Tempo. Menerima penghargaan JKN award sebanyak dua kali berturut-turut. Penghargaan sebagai pemenang kategori bidang infrastruktur jalan di wilayah timur melalui penggunaan dana alokasi khusus tahun 2018. Penghargaan Inovative Govermant Award (IGA) tahun 2018. Serta penghargaan dari Ombudsman RI atas hasil survey kepatuhan terhadap standar pelayanan publik tahun 2018.

Wabup Banggai, Mustar Labolo saat menerima penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia oleh Kementerian Hukum dan HAM RI, Selasa 11 Desember 2018. [Sangalu/IST]
Tak hanya itu, dari pemerintah provinsi Sulawesi Tengah di bawah kepemimpinan keduanya juga berhasil meraih beberapa penghargaan. Yakni; penilaian terbaik satu terhadap evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah terhadap LPPD. Juara satu festival praktik cerdas posyandu prakonsepsi Dinas Kesehatan, dan penghargaan Anugerah Daya Saing Produk Pertanian Sulawesi Tengah.

Baca juga:  16 Rumah di Dua Desa Kecamatan Moilong Terendam Banjir

Atas segudang prestasi itu, Bupati Herwin Yatim mengungkapkan sangat berterima kasih kepada masyarakat dan sejumlah aparatur sipil negara yang sudah bekerja dengan baik. Menurutnya, prestasi yang telah diraih tersebut merupakan buah kerja keras dari pemerintah dan partisipasi masyarakat dalam mendukung program pemerintah.
“Penghargaan dari pemerintah pusat mulai dari yang tertinggi yakni penganugerahan Satyalencana Wira Karya dari Presiden RI, kemudian penghargaan Darma Pertahanan dari Menteri Pertahanan RI dan penghargaan dari Mendagri atas kesuksesan melaksanakan kegiatan hari nusantara 2018 merupakan buah kerja keras dari seluruh masyarakat kabupaten Banggai,” tuturnya.

Baca juga:  Buka Rembuk Stunting 2020, Bupati Paparkan Kiat-kiat Pencegahan

Ia juga menekankan penghargaan yang telah diraih pun tak lepas dari peran serta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menjalankan tugas di bidang masing-masing.
“Merekalah yang sewajarnya untuk diberikan penghargaan karena telah menyumbangkan segenap fikiran dan tenaga bersama kami sebagai bupati dan wabup. Kami hanya menuntun dan mengarahkan sehingga arahan dan keinginan pemerintah pusat ke daerah selalu bisa kami penuhi pada saat evaluasi dan hasilnya membanggakan,” kata Bupati Herwin.

Baca juga:  Bupati Apresiasi Inovasi 'GAM Banggai' terkait Halte Sampah

“Prestasi demi prestasi yang telah kami capai untuk daerah kita ini adalah bentuk atau bagian dari pengabdian tiada henti dari kami sebagai pengemban amanah rakyat. Ini juga sebagai tanggungjawab kami kepada rakyat bahwa kami terus bekerja dan semakin maksimal dalam memuaskan rakyat kabupaten Banggai dalam memberikan pelayanan menuju peningkatan kesejahteraan rakyat,” tambahnya.

Ia mengaku prestasi itu akan terus dipertahankan, bahkan akan ditingkatkan lagi di tahun mendatang sehingga pelayanan publik di daerah terus meningkat dan semakin baik.*

.

Sumber : sulteng.antaranews.com