Bupati: Kemungkinan Presiden Masuk Kota Luwuk itu Ada

oleh -617 views
BUPATI BANGGAI Ir. H. Herwin Yatim MM (berpeci) bersama Pangdam Merdeka, Mayjen TNI Tiopang Aritohang saat meninjau kesiapan Bandara SA Amir Bubung dalam rangka kunjungan kerja Presiden Joko Widodo, Minggu 23 Desember 2019 nanti. [Sangalu/Evan]

SANGALU, Luwuk – Bupati Banggai Ir. Herwin Yatim MM, bersama Pangdam Merdeka Mayjen TNI Tiopang Aritohang, melakukan peninjauan lokasi kunjungan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo di Bandara Syukuran Aminuddin (SA) Amir Bubung.

Sebelum meninjau langsung ruangan-ruangan di Bandara SA Amir yang akan digunakan sebagai tempat pertemuan dan pameran, bupati dan pangdam bersama sejumlah pejabat melakukan pertemuan tertutup di salah satu ruangan lantai tiga. Pertemuan yang dipimpin Pangdam Merdeka Mayjen TNI Tiopang Aritohang tersebut, juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Perhubungan dan sejumlah satuan pengamanan presiden.

Bupati Banggai, Ir. Herwin Yatim MM, usai melakukan peninjauan mengaku Bandara SA Amir sudah sangat siap menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo. Ia mengaku persiapan sudah sangat matang.

Baca juga:  Pada 10 Malam Terakhir Ramadhan, Partai Gelora Indonesia Meraih SK Menkumham

“Ya kita siap, kita siap. Jemput bahkan melayani beliau kita siap,” kata Bupati Herwin.

Bupati Herwin menuturkan, berdasarkan rundown kegiatan Presiden RI Joko Widodo hanya akan melakukan peresmian lima bandara saja. Namun, melihat kendaraan operasional yang disiapkan kemungkinan bahwa Presiden RI akan masuk ke dalam Kota Luwuk itu ada.

“Kita belum tau apakah pak presiden akan masuk kota atau tidak. Tapi melihat kendaraan yang dikirimkan yakni kendaraan lapis baja dan enam motor voorijder (baca: foreder), kemungkinan itu ada. Tapi pengawal sendiri belum tau apakah beliau mau masuk kota atau tidak,” paparnya.

Baca juga:  Haluan Baru Kandas saat Rudal Capai Target di Banggai Laut

Bupati Herwin hanya menegaskan pada kegiatan kunjungan Presiden RI Joko Widodo tanggal 23 Desember 2018 nanti, akan ada diskusi bersama tokoh-tokoh masyarakat. Selain itu, panitia juga menyiapkan pendamping presiden yakni; perwakilan petani dan nelayan untuk duduk di samping Presiden Jokowi saat diskusi berlangsung.

“Kita rencanakan begitu. Nantinya di sisi kiri dan kanan pak presiden didampingi oleh petani dan nelayan,” terangnya.

Selain itu, kegiatan tambahan adalah pameran kerajian tangan lokal dari 12 perwakilan kelompok binaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Banggai.

Baca juga:  Hadiri Pengajian Penuh Sesak, Bupati Anjurkan Jaga Jarak

Pameran yang akan dilakukan di ruangan yang ada di Bandara SA Amir tersebut masing-masing mewakili kelompok binaan dari Dinas Perdagangan, Binaan Dinas Koperasi, kelompok binaan Dinas Perkebunan dan Pertanian, binaan Dinas Pariwisata, hingga perwakilan dari kelompok binaan Dinas Perikanan.

“Jadi seperti beliau datang pada tahun 2015 lalu, kita sangat siap. Kita juga akan memperkenalkan kerajinan lokal berupa pameran itu kepada pak presiden,” kata Bupati Herwin.

Ia berharap, kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke daerah ini menjadi sebuah motivasi bagi masyarakat Kabupaten Banggai untuk terus mendukung program pemerintah dalam pembangunan daerah.*

(van)