Bupati Banggai Buka Toili Expo dan Festival 2018 di Sentral Sari

oleh -525 views
BUPATI BANGGAI Ir. H. Herwin Yatim MM, didampingi Wakil Bupati Banggai Drs. Mustar Labolo saat meninjau stand pameran Toili Expo dan Festival 2018, Rabu (26/12/2018) di Desa Sentral Sari. [Foto: SANGALU/ Irwan K. Basir]

SANGALU, Luwuk – Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim MM, didampingi Wakil Bupati Banggai Drs. Mustar Labolo membuka langsung kegiatan Toili Expo dan Festival 2018, Rabu 26 Desember 2018 sekira pukul 16.00 Wita di Desa Sentral Sari, Kecamatan Toili.

Kegiatan ini adalah kegiatan kedua yang dilaksanakan pemerintah Kecamatan Toili dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun kecamatan yang ke 22 tahun. Rombongan Bupati Banggai Herwin Yatim tiba di lokasi kegiatan dengan bersepeda dan disambut oleh penampilan drum band, tari-tarian dan peragaan seni oleh sejumlah remaja.

Disaksikan ratusan warga, Bupati Herwin membuka kegiatan yang menampilkan ragam keunggulan desa tersebut. Pada hari yang sama, bupati juga meresmikan jalan Singkoyo – Minahaki (jalur dua) dan jalan Singkoyo – Uwelolu.

Baca juga:  IMIKB Budayakan Pinasa di Gorontalo

Toili Expo dan Festival 2018 adalah kegiatan kedua yang dilaksanakan pemerintah kecamatan dibawah kepemimpinan Camat Toili Andi Rustam Dj. H. Pettasiri. Mantan lurah Maahas ini mengambil tema Inovasi Desa Menuju Toili Bersahabat ( Besih, Sehat dan Hebat). Menurutnya, itu sejalan dengan program moral pemerintah kabupaten Banggai yakni; Pinasa (Pia Na Sampah, Ala – lihat sampah, ambil).

Selain pameran, kegiatan yang akan dilaksanakan hingga tanggal 7 Januari 2019 tersebut mencakup; festival budaya, jalan santai, sepeda santai, donor darah, pasar murah, karaoke dangdut, goyang tobelo, modero, lomba pinasa, gebyar PAUD, fashion show, motor contes, kicau burung dan inovasi desa.

Baca juga:  Listrik Sering Padam, Emak-emak Galau Curhat ke Amirudin Tamoreka

Diketahui, tanggal 7 Januari merupakan tanggal lahir atau berdirinya Kecamatan Toili sebagai wilayah administratif dibawah pemerintah Kabupaten Banggai setelah berpisah dari Kecamatan Batui pada tahun 1997. Kini, Kecamatan Toili menjadi salah satu kecamatan dengan tingkat pembangunan tertinggi di Kabupaten Banggai.*

(Ikb)