Bupati Apresiasi Inovasi ‘GAM Banggai’ terkait Halte Sampah

oleh -365 views
BUPATI BANGGAI Ir. H. Herwin Yatim MM, didampingi Ketua GAM Banggai Idhin Massa saat memeriksa inovasi GAM Banggai terkait Halte Sampah, Minggu 30 Desember 2018. [Foto: SANGALU/Muh.Taufik Basri]

SANGALU, Luwuk – Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim MM didampingi Wakil Bupati Banggai Drs. Mustar Labolo mengapresiasi inovasi ‘Halte Sampah’ yang dicetuskan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gabungan Aktivis Manthailobo (GAM) Banggai.

Apresiasi bupati langsung itu ditandai dengan pemesanan sejumlah halte sampah kepada GAM Banggai. Bupati memesan 5 buah halte sampah, wabup dua buah, Kapolres Banggai AKBP Moch. Sholeh SIk memesan 2 buah, Dandim 1308/LB juga memesan dua buah. Selain itu, Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Tata Kota, Drs. Alfian Djibran pun tak mau ketinggalan dengan memesan lima buah halte sampah.

“Saya, wabup dan forkopimda sudah memesan. Jadi kami minta setiap OPD, Camat hingga Lurah juga memesan halte sampah ini. Sehingga bisa dipajang di kantor masing-masing,” paparnya, Minggu 30 Desember 2018.

Baca juga:  Polsek Toili Amankan Sejumlah Sepeda Motor dan Sajam

Bupati juga meminta agar setiap taman dalam Kota Luwuk disiapkan halte sampah untuk meminimalisir sampah bertebaran. Di sisi lain, keberadaan halte sampah juga mendukung program sosial pemerintah terkait kebersihan lingkungan yakni; Pinasa (Pia Na Sampah, Ala artinya Lihat sampah, ambil).

BUPATI BANGGAI Ir. H. Herwin Yatim MM didampingi Wabup Banggai Drs. Mustar Labolo saat menyalami Ketua GAM Banggai Idhin Massa, Minggu 30 Desember 2018 di Teluk Lalong. [Foto: SANGALU/ Steven Pontoh]

Ketua GAM Banggai, Idhin Massa menjelaskan halte sampah dibuat untuk memudahkan warga membuang sampah. Selain itu, dari sisi estetika halte sampah juga memberi gambaran rapi. Sebab, sampah yang ada dalam kresek tergantung susah dijangkau tikus dan hewan lainnya.

“Semoga ini bisa dikembangkan untuk membantu program pinasa yang dicetuskan pemerintah untuk meraih adipura kirana,” kata Idhin Massa.

GAM Banggai adalah organisasi kepemudaan yang aktif dalam persoalan lingkungan. Selain, bersih-bersih Teluk Lalong, GAM Banggai juga aktif dalam penanaman pohon pelindung. Bahkan, organisasi ini pernah melakukan revegetasi mangrove di wilayah Kecamatan Moilong bekerja sama dengan JOB Tomori, salah satu perusahaan migas di Kabupaten Banggai.*

(van)